Laporan Kerja Praktek di PT. Aneka Jasa Grhadika

Kristian, Fernado Putra and Jatmiko, Amanda Elita (2019) Laporan Kerja Praktek di PT. Aneka Jasa Grhadika. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Aneka Jasa Grhadika adalah salah satu sub-perusahaan dari PT. Petrokimia Gresik yang bergerak di bidang jasa dan manufaktur, namun sebagian besar pekerjaan yang dikerjakan PT. Aneka Jasa Grhadika berhubungan dengan pekerjaan jasa. Salah satu sub-pekerjaan terbesar dari PT. Aneka Jasa Grhadika ada pada divisi Service Maintenance, dimana pekerjaan devisi tersebut menyangkut proses pemeliharaan pada mesin-mesin produksi atau biasa disebut dengan Maintenance. Saat ini PT. Aneka Jasa Grhadika terikat kontrak dengan PT. Petrokimia Gresik untuk melakukan pemeliharaan terhadap 66 mesin belt milik PT. Petrokimia Gresik. Belt yang berada pada pabrik PT. Petrokimia Gresik digunakan untuk mendistribukan bahan baku dari Pelabuhan (memalui kapal pengangkut) ke gudang penyimpanan bahan baku. Setiap loading maupun unloading, material yang diangkut oleh belt berbeda-beda, baik itu dalam hal struktur, bentuk, volume maupun suhu. Adapun cara yang digunakan PT. Aneka Jasa Grhadika untuk melakukan pekerjaan maintenance pada mesin belt adalah dengan menerapkan metode preventive maintenance dan corrective maintenance. Dan untuk pelaksanaan preventive maintenance dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam 1 bulan, untuk tiap conveyor. Jadi tidak ada penjadwalan secara khusus dalam melakukan preventive maintenance dikarenakan PT. Aneka Jasa Grhadika mengikuti kontrak dan kesepakatan yang ada. Dilihat dari kondisi lapangan, kesepakatan tersebut kurang efektif karena setiap belt yang ada memiliki intensitas waktu operasi yang berbeda-beda, ada belt yang sering sekali beroperasi namun ada pula mesin belt yang jarang sekali beroperasi. Sehingga perlu untuk melakukan penjadwalan preventive maintenance dengan benar, agar mesin-mesin belt yang memilikin intensitas operasi tinggi dapat memiliki perhatian secara khusus sehingga meminimalisir kerusakan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Santoso, L.M. Hadi
NIDN0727105901
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Belt conveyor, jadwal perawatan
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 7905 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:26
Last Modified: 02 Jul 2020 07:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item View Item