Pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan terhadap laporan keberlanjutan perusahaan

Tandrayuwana, Frisilia (2019) Pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan terhadap laporan keberlanjutan perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholoic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keberlanjutan merupakan laporan sukarela yang diungkapkan perusahaan, yang terdiri atas aspek ekonomi, lingkungan, dan informasi tata kelola perusahaan. Perusahaan yang mengungkapkan laporan keberlanjutan dapat menjadi bukti adanya komitmen serta partisipasi untuk mendukung kemajuan pertumbuhan negara. Laporan keberlanjutan diungkapkan dengan Sustainability Report Index (SRI) dan diukur dengan menggunakan indikator Global Reporting Index (GRI) dengan pedoman 91 item. Perusahaan mengungkapkan informasi yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan, serta mencegah timbulnya asimetri informasi yang dapat terjadi. Salah satu cara dalam menangani hal tersebut melalui menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik, agar pihak yang berperan dalam mekanisme dapat semakin mendorong perusahaan untuk mengungkapkan laporan keberlanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan terhadap laporan keberlanjutan perusahaan. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif, sumber data yang digunakan berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa komite audit berpengaruh negatif terhadap laporan keberlanjutan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap laporan keberlanjutan perusahaan, sedangkan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap laporan keberlanjutan perusahaan, dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap laporan keberlanjutan perusahaan, dan kepemilikan saham institusional tidak berpengaruh terhadap laporan keberlanjutan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Shanti, .
NIDN0714047703
shanti1794@gmail.com
Thesis advisor
Sari, Cresentia Shelfina Pramita
NIDN0719028801
shelfina@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Komie Audit, Kepemilikan Saham Institusional, Laporan Keberlanjutan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8027 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:28
Last Modified: 06 Feb 2020 10:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item