Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android pada pokok bahasan fluida dinamis

Labobar, Novalina Desilpa (2020) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android pada pokok bahasan fluida dinamis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis android pada pokok bahasan fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analisys, Design, Develop, Implement, dan Evaluation). Implementasi media pembelajaran adroid dilaksanakan di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA_A yang berjumlah 36 peserta didik. Selain media berbasis android, komponen pendukung pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) juga dikembangkan. Media pembelajaran, RPP, dan RE divalidasi oleh ahli. Media pembelajaran juga dievaluasi melalui peer reviewer. Hasil validasi oleh ahli media terhadap media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 2,95 (pada skala maksimum 4) dan dikategorikan baik. Hasil penilaian oleh peer reviewer terhadap media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 3,12 (pada skala maksimum 4) dan dikategorikan baik. Peserta didik memberikan respon yang baik setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan, rata-rata skor angket yang diberikan adalah 3,17 (dari skala maksimal 4). Berdasarkan uji lapangan, media pembelajaran fisika yang dikembangkan berpotensi meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai N-Gain yang didapatkan dari hasil pre-test dan post-test peserta didik adalah sebesar 0,45yang dapat diinterpretasikan sebagai peningkatan dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wirjawan, J.V. Djoko
NIDN0705046101
vicerector3@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis android, fluida dinamis, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Novalina Desilpa Labobar
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:48
Last Modified: 02 Jul 2020 06:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21658

Actions (login required)

View Item View Item