Pengembangan lembar kerja peserta didik pokok bahasan elastisitas bahan model discovery learning untuk melatih keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA

Imun, Elisabet Ambrosia (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik pokok bahasan elastisitas bahan model discovery learning untuk melatih keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Discovery Learning untuk melatih keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Berdasarkan hasi validasi yang dilakukan RPP, dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu 3,71, dan 3,52 sedangkan LKPD berkategori valid dengan skor 3,38 (skor maksimal: 4.00). Pengujian dilakukan di SMA Katolik Stella Maris Surabaya kelas XI. Keterampilan proses sains memperoleh skor rata-rata 2,84 dengan kategori “Baik”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,26 dengan kategori “Baik”. Keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh rata-rata N-Gain Score 0,67 dengan kategori “Sedang” dan respon peserta didik adalah 3,50 dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan elastisitas dengan menggunakan model Discovery Learning dapat melatih keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Katolik Stella Maris Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koswojo, Jane
NIDN0724079104
bernadette_jane_koswojo@yahoo.co.id>
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), discovery learning, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, elastisitas bahan
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 8205 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2020 01:48
Last Modified: 04 Jun 2020 01:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21805

Actions (login required)

View Item View Item