Hubungan antara persepsi dukungan sosial orang tua terhadap psychological well-being pada remaja akhir yang hamil di luar nikah

Wikhubhawanti, Odilia Widya (2020) Hubungan antara persepsi dukungan sosial orang tua terhadap psychological well-being pada remaja akhir yang hamil di luar nikah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hamil di luar nikah merupakan masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus pada tubuhnya dalam keadaan belum/tidak disahkan secara formal dalam ikatan pernikahan dengan pasangannya. Remaja akhir yang mengalami kehamilan di luar pernikahan perlu mencapai kondisi psychological well-being yang baik agar mampu melaksanakan tugas perkembangan dengan baik. Untuk meningkatkan psychological well-being pada remaja yang hamil di luar nikah, perlu adanya dukungan sosial. Dukungan sosial dapat diperoleh baik dari keluarga terutama orang tua, teman, dan orang–orang penting lainnya yang ada disekitar lingkungan. Remaja mempersepsikan bahwa ketika dirinya diperhatikan, dicintai, dan diterima oleh keluarganya dalam kondisi hamil di luar nikah, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai bentuk dukungan sosial orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hubungan antara persepsi dukungan sosial orang tua terhadap psychological well-being pada remaja akhir yang hamil di luar nikah. Subjek penelitian ini berjumlah 31 responden remaja akhir yang berusia 19 – 22 tahun dalam kondisi sedang atau pernah mengalami kehamilan di luar pernikahan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dan purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala persepsi dukungan sosial orang tua dan skala psychological well-being yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan nilai rxy = 0,989 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan sosial orang tua terhadap psychological well-being pada remaja akhir yang hamil di luar nikah dengan sumbangan efektif sebesar 92,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulya, Happy Cahaya
NIDN0703109401
happycahaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Psychological well-being, persepsi dukungan sosial orang tua, remaja akhir hamil di luar nikah
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 8216 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 12:29
Last Modified: 01 Jul 2020 03:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21813

Actions (login required)

View Item View Item