Penggambaran peran gender dalam iklan kecap ABC versi suami sejati mau masak

Pattiasina, Celline Stefanny (2020) Penggambaran peran gender dalam iklan kecap ABC versi suami sejati mau masak. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (692kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Ideologi mengenai budaya patriarki ini masih melekat dibenak masyarakat terutama masyarakat di Indonesia. Perempuan diharuskan untuk bekerja dalam ranah domestik sedangkan laki-laki bekerja dalam ranah publik. Tetapi dalam iklan Kecap ABC ini berbeda dari iklan yang sering dijumpai dalam televisi. Dalam iklan Kecap ABC menampilkan laki-laki dan perempuan yang bekerja sama dalam ranah domestik. Penelitian ini akan mengungkap bagaimana penggambaran peran gender dalam iklan kecap ABC versi suami sejati mau masak. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Charles S. Peirce yang untuk menganalisis tanda menggunakan ikon, indeks dan simbol serta menggunakan Pendekatan kualitatif, jenis penelitian bersifat deskriptif sehingga nantinya akan mudah menguraikan bagaimana penggambaran peran gender dalam iklan tersebut.Hasil penelitian ini yaitu perempuan bekerja dalam ranah publik dan juga domestik menimbulkan adanya beban ganda perempuan. Beban ganda terjadi ketika perempuan harus menyelesaikan pekerjaan domestik dan publik dengan sendirinya. Selain itu, ditemukan adanya kesetaraan gender dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyaningrum, Anastasia Yuni
NIDN0701067803
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, .
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggambaran, iklan, peran gender, semiotika.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 8278 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:05
Last Modified: 23 Jun 2020 03:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21850

Actions (login required)

View Item View Item