Dinamika kognitif community gratefulness masyarakat suku Dayak Kenyah dalam menghayati upacara adat mecaq undat di Desa Ritan Baru kabupaten Kutai Kartanegara

Kewuta, Stevanus Kurniawan Hati (2020) Dinamika kognitif community gratefulness masyarakat suku Dayak Kenyah dalam menghayati upacara adat mecaq undat di Desa Ritan Baru kabupaten Kutai Kartanegara. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy

Abstract

Dalam masyarakat Dayak Kenyah lepoq tukung di desa Ritan Baru erat sekali dengan budaya bersyukur, salah satu bentuk dari ungkapan syukur masyarakat adalah membuat upacara adat mecaq undat. Tradisi upacara Mecaq Undat adalah sebuah upacara untuk merayakan pesta panen yang dilakukan masyarakat suku Dayak Kenyah. upacara Mecaq Undat diadakan untuk menunjukkan bentuk ungkapan syukur masyarakat suku Dayak Kenyah lepoq tukung atas hasil panen padi yang diterima. Istilah dari Mecaq Undat sendiri berasal dari bahasa suku Dayak Kenyah yang artinya adalah menumbuk beras di dalam sebuah lesung sampai menjadi sebuah tepung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara ilmiah mengenai dinamika kognitf community gratefulness masyarakat suku Dayak Kenyah dalam menghayati upacara adat mecaq undat di desa Ritan Baru. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, peneliti melakukan wawancara kepada ketiga individu yang aktif dalam mengikuti upacara adat mecaq undat. Sedangkan untuk keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa dengan teknik triangulasi data dari tiga orang significant other. Melalui pendekatan fenomenologis, dari pengambilan data menunjukkan hasil bahwa dinamika kognitif community gratefulness yang ada pada masyarakat desa Ritan Baru dalam menghayati upacara adat mecaq undat dipengaruhi oleh Pengetahuan mengenai pemaknaan mengenai rasa syukur dan mecaq undat, muncul dan terbentuknya rasa syukur dan mengenai aturan yang berlaku. Keyakinan dimana masyarakat selalu membuat doa syukur bersama, tetap membuat upacara adat mecaq undat meskipun ada gagal panen dan sadar adanya berkat Tuhan. Nilai yang dihayati masyarakat seperti upacara mecaq undat adalah moment untuk menjalin silahturahmi dan kekeluargaan antar warga. Norma yang berlaku di masyarakat seperti hukum dan sanksi adat. menghasilakn ada respon dan dampak positif bagi masyarakat serta adanya harapan yaitu ingin tetap melestarikan budaya dan tradisi nenek moyang. Selain itu adanya factor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi masyarakat dalam membuat upacara adat mecaq undat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugrohadi, Gratianus Edwi
NIDN0710047302
edwi_nugrohadi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dinamika kognitif, community gratefulness, rasa syukur, komunal, budaya, suku Dayak Kenyah.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 8221 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:12
Last Modified: 08 Jul 2020 03:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22009

Actions (login required)

View Item View Item