Uji antihiperglikemik ekstrak bunga tapak dara merah (Catharanthus roseus (L.) G. Don var. rosea) pada mencit (Mus musculus)

Aprilian, Antonius Ergo (2020) Uji antihiperglikemik ekstrak bunga tapak dara merah (Catharanthus roseus (L.) G. Don var. rosea) pada mencit (Mus musculus). Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Antihiperglikemik merupakan suatu aktivitas yang diberikan oleh senyawa tertentu yang dapat mengobati penyakit diabetes sebagai akibat dari peningkatan kadar gula di dalam darah. Bunga tapak dara mengandung zat kimia alkaloid yang berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas ekstrak etanol bunga tapak dara merah (Catharantus roseus (L.) G. Don var. rosea) sebagai antihiperglikemik terhadap mencit (Mus musculus) jantan yang hiperglikemik. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design. Penelitian ini terbagi atas: kelompok I sebagai kontrol positif dengan pemberian suspensi glibenklamid 0,65 mg/kg BB, kelompok II sebagai kontrol negatif dengan pemberian suspensi CMC 0,5%, kelompok III dengan perlakuan ekstrak dengan dosis 140 mg/kg BB, kelompok IV dengan perlakuan ekstrak dengan dosis 280 mg/kg BB, kelompok V dengan perlakuan ekstrak dengan dosis 560 mg/ kg BB. Hasil penelitian menunjukan pada kelompok kontrol positif mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 128 mg/dl, kelompok kontrol negatif mengalami penurunan sebesar 39,2 mg/dl, kelompok III dengan perlakuan ekstrak dengan dosis 140 mg/kg BB mengalami penurunan sebesar 50 mg/dl, kelompok IV dengan perlakuan ekstrak dengan dosis 280 mg/kg BB mengalami penurunan sebesar 62 mg/dl, kelompok V dengan perlakuan ekstrak dengan dosis 560 mg/kg BB mengalami penurunan sebesar 89,8 mg/dl. Hasil penelitian menunjukan pemberian ekstrak etanol bunga tapak dara warna merah (Catharantus roseus (L.) G. Don var. rosea) memiliki efek antihiperglikemik pada mencit jantan yang hiperglikemia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugroho, Christianto Adhy
NIDN0702017001
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: antihiperglikemia, bunga tapak dara merah, mencit
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Users 8332 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:38
Last Modified: 13 Feb 2023 04:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22035

Actions (login required)

View Item View Item