Analisis wacana kritis dalam konten iklan CSR PT. Semen Indonesia edisi “Semen Indonesia- Bina Lingkungan”

Savio, Adelaide Hindelens (2020) Analisis wacana kritis dalam konten iklan CSR PT. Semen Indonesia edisi “Semen Indonesia- Bina Lingkungan”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan pertambangan sangat rentan dengan isu-isu negatif terkait dampak yang diberikan oleh aktivitas pabrik yang dianggap merugikan masyarakat dan lingkungan. Melalui program CSR, perusahaan beramai-ramai menjawab segala isu-isu negatif yang berkembang di masyarakat. Namun seringkali program yang dirancang tidak dikembangkan secara serius, beberapa perusahaan ada yang memanfaatkan program tanggung jawab sosial sebagai salah satu sarana yang digunakan untuk kepentingan citra perusahaan. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana perusahaan Semen Indonesia menggunakan youtube sebagai media penyampaian pesan terkait program tanggung jawab sosial kepada khalayak. Namun semua yang ditampilkan sangat sempurna di media ternyata menyimpan fakta yang berbeda, program yang diklaim sebagai solusi, ternyata masih mendapatkan respon negatif dari beberapa kelompok masyarakat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan analisis wacana kritis model Theo Van Leeuwen untuk membedah secara kritis ketidakselarasan isi konten dan realita yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melihat beberapa konten iklan milik Semen Indonesia serta mengumpulkan data berupa berita dan penelitian di lapangan yang telah dilakukan sebelumnya. Peneliti menemukan bahwa Semen Indonesia tidak cukup serius dalam menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial, hal ini karena program yang ditawarkan perusahaan masih tidak dirasakan secara merata oleh masyarakat sekitar berdirinya pabrik Semen Indonesia. Peneliti menyimpulkan bahwa fenomena tentang ketidakselarasan prinsip tanggung jawab sosial dan realisasi program tanggung jawab sosial termasuk dalam fenomena CSR Washing. Melalui iklan tersebut, Semen Indonesia mengkonstruksi dirinya sebagai pihak yang membantu mensejahterahkan masyarakat serta menjaga lingkungan sekitar perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyaningrum, Anastasia Yuni
NIDN0701067803
Anastasia_widya@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0702087602
nangkris1@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Communicating CSR, Konten Iklan CSR, analisis wacana kritis.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 8371 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:30
Last Modified: 06 Jul 2020 02:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22060

Actions (login required)

View Item View Item