Strategi komunikasi business centre PT. Bank Bali Tbk bisnis unit Surabaya secara internal dan eksternal

Tjahayo, Andre (2001) Strategi komunikasi business centre PT. Bank Bali Tbk bisnis unit Surabaya secara internal dan eksternal. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
Bab 7.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Tesis ini meneliti tentang strategik komunikasi eksternal dan internal Business Center pada PT. Bank Bali Tbk. Bisnis unit Surabaya. Permasalahan yang diajukan adalah: l. Bagaimana strategi komunikasi Business Center pada PT. Bank Bali Tbk. 2. Strategi komunikasi apakah yang perlu dilaksanakan oleh Business Center pada PT. Bank Bali Surabaya. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini sangat berhubungan dengan komunikasi seperti pengertian komunikasi, fungsi komunikasi, tujuan komunikasi dalam perusahaan, internal & exsternal corporate communication, strategi komunikasi, perkembangan strategi komunikasi dan proses komunikasi pemasaran. Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian adalah pimpinan Business Center pada PT. Bank Bali Tbk bisnis unit Surabaya, yaitu General Manager Commercial Banking yang merupakan General Manager yang membawahi Business Center, manager Business Center, dan Customer Relation Officer. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah data yang diperoleh melalui orang-orang atau media yang tidak terlibat langsung seperti : majalah-majalah bulanan PT. Bank Bali Tbk, brosur-brosur, nasabah-nasabah, dan customer service. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode interview dengan cara bertanya langsung atau wawancara dan diskusi dengan pejabat Business Center PT. Bank Bali Tbk. Bisnis unit Surabaya, metode observasi yang meliputi segala hal yang menyangkut pengamatan aktivitas atau kondisi perilaku maupun non perilaku. Hasil penelitian menunjukkan Business Center merupakan suatu konsep yang memang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan nasabah commercial dan corporate. Konsep Business Center adalah "One Stop Banking" dimana semua transaksi perbankan terpusat pada satu tempat dan memberikan service yang berbeda untuk commercial banking dibandingkan dengan pelayanan pada cabang, karena pada dasarnya Business Center merupakan bagian dari coporate secara keseluruhan maka secara otomatis external communication tentu saja mengikuti strategi yang diterapkan dari corporate seperti "One to One Communication" antara marketing officer dengan customer, launch ke masyarakat atau khalayak ramai atau nasabah juga calon nasabah, mengundang nasabah, sebarkan brosur kemudian difollow up. Untuk strategi internalnya pada umumnya yang digunakan oleh Business Center adalah direct communication. Internal Communication yang dilakukan Business Center pada PT. Bank Bali Tbk. Bisnis unit Surabaya bertujuan untuk menyampaikan up dating informasi ke karyawan sehingga karyawan dapat menjadi penyambung lidah ke masyarakat terutama yang ada di front liner. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa kekuatan atau keberhasilan komunikasi eksternal Business Center pada PT. Bank Bali Tbk. sangat tergantung pada strategi corporate communication PT. Bank Bali Tbk. Komunikasi internal pada umumnya secara direct communication sehingga yang terjadi adalah terbentuk jaringan rantai yang kuran berhasil dan maksimalnya Business Center dalam menjalankan konsepnya; berakibat jaringan komunikasi yang terbentuk adalah jaringan rantai walaupun jaringan yang lain tetap berpeluang untuk digunakan tergantung masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Subjects: Business
Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 15 Jun 2015 05:01
Last Modified: 15 Jun 2015 05:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item