Pengelolaan obat tahap perencanaan dan pengadaan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Widodo Ngawi periode November-Desember Tahun 2019

Asih, Kanti (2020) Pengelolaan obat tahap perencanaan dan pengadaan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Widodo Ngawi periode November-Desember Tahun 2019. Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (873kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan dan pengadaan obat merupakan bagian penting dalam manajemen pengelolaan obat karena berpengaruh pada besarnya dana yang dikeluarkan oleh rumah sakit dan ketersediaan obat yang dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengelolaan obat pada tahap perencanaan dan pengadaan berdasarkan Permenkes RI No 72 Tahun 2016 serta tingkat pencapaian indikator perencanaan dan pengadaan obat di instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Widodo Ngawi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian non eksperimental dengan pendekatan deskriptif. Data diambil secara retrospective pada tahun 2019 terhadap data sekunder dan data primer melalui wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pengadaan obat di instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Widodo Ngawi sudah sesuai dengan Permenkes RI No 72 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit dengan persentase sebesar 100%. Berdasarkan tingkat pencapaian indikator perencanaan dan pengadaan obat yaitu: persentase dana yang tersedia dengan keseluruhan dana yang sesungguhnya sebesar 100%, persentase jumlah obat yang ada dalam perencanaan dengan jumlah item obat dalam pemakaian sebenarnya sebesar 101,48%, persentase jumlah obat dari satu item dalam perencanaan dengan jumlah obat dari item tersebut dalam pemakaian sebenarnya sebesar 109,43%, persentase alokasi dana pengadaan obat sebesar 36,11%, frekuensi pengadaan tiap item obat masih rendah yaitu 10,78 kali/tahun. Frekuensi kurang lengkapnya surat pemesanan atau surat kontrak sudah efisien terdapat dua kali kesalahan faktur (standar 1-9 kali). Frekuensi tertundanya pembayaran oleh rumah sakit sebesar 0,3 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugroho, Christianto Adhy
NIDN0702017001
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengelolaan obat, indikator, perencanaan dan pengadaan
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Users 8305 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2020 06:03
Last Modified: 13 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22241

Actions (login required)

View Item View Item