Penggambaran kecantikan perempuan dalam iklan Clean & Clear versi "Cantik Harus Selalu Putih?"

Broto, Richard Brahmantyo Maharsi (2020) Penggambaran kecantikan perempuan dalam iklan Clean & Clear versi "Cantik Harus Selalu Putih?". Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana kesesuaian tanda-tanda terkait penggambaran kecantikan yang dilihat dari warna kulit dalam iklan Clean & Clear versi “Cantik Harus Selalu Putih?”. Dalam melihat kesesuaian ini, penulis menggunakan metode Semiotika oleh Charles Sander Peirce untuk mengungkap tanda dengan mengelompokkannya menjadi ikon, indeks, dan simbol yang ditemukan dalam scene iklan. Pada penelitian ini, peneliti ingin menunjukan bagaimana penggambaran kecantikan yang ditampilkan pada media maupun pengalaman manusia sejak kecil bisa memperngaruhi pola pikir mereka ketika dewasa. Pada iklan ini Clean & Clear juga melancarkan kampanyenya kepada para perempuan remaja untuk mengubah pola pikir yang kurang sesuai dengan apa yang semestinya terdapat pada teori. Hal tersebut dikarenakan memang terdapat beberapa ketidaksesuaian antara teori mengenai kecantikan yang dikemukakan para ahli dan praktek yang terjadi di masyarakat hingga sekarang. Pada penelitian ini juga akan menujukan beberapa iklan lain yang membantu peneliti untuk memberikan referensi lain sebagai pendukung jalannya penelitian. Pada akhirnya peneliti bisa menyimpulkan bahwa dalam penelitian ini para perempuan remaja khususnya di Indonesia masih memandang perbedaan warna kulit bisa menjadi penentu standar kecantikan maupun kesuksesan. Meskipun pada prakteknya mereka sadar akan keberagaman bentuk fisik yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, .
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggambaran, kecantikan, clean & clear, kampanye pada media, iklan sebagai produk media
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 8484 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:33
Last Modified: 24 Nov 2020 07:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22248

Actions (login required)

View Item View Item