Evaluasi pengendalian internal proses pencairan pinjaman kredit dan penanganan pinjaman lalai pada Koperasi Kredit Prima Danarta

Putri, Dyan Kusuma (2020) Evaluasi pengendalian internal proses pencairan pinjaman kredit dan penanganan pinjaman lalai pada Koperasi Kredit Prima Danarta. Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penulisan laporan magang ini adalah untuk melakukan evaluasi pengendalian internal terhadap pencairan pinjaman kredit dan penanganan pinjaman lalai yang diterapkan pada koperasi kredit Prima Danarta.Pengendalian internal adalah segala proses dan upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kegiatan operasional perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan. Namun dalam prosesnya banyak sekali hambatan yang dialami oleh perusahaan dalam melakukan pengendalian internal. Pengendalian internal juga seringkali digunakan untuk menilai baik atau tidakanya kinerja suatu perusahaan. Oleh karena itu bagi perusahaan pengendalian internal bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan dalam setiap kegiatan operasional yang dilakukan sehari-hari oleh perusahaan. Berdasarkan hasil evaluasi dapat diketahui kekurangan dan kelebihan pada sistem pengendalian internal proses pinjaman kredit dan penanganan pinjaman lalai yang diterapkan pada koperasi kredit Prima Danarta. Beberapa kelebihan yang dilakukan oleh koperasi kredit Prima Danarta adalah penggunaan sistem yang memadai untuk melakukan segala transakasi, memiliki job desc yang baik dan detail pada setiap bagian. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut juga dapat diketahui beberapa kelemahan dari pengendalian internal yang diterapkan yaitu pegawai yang melakukan perangkapan tugas, dokumen kredit dapat diakses oleh semua bagian. Dari beberapa evaluasi yang telah dilakukan maka ada beberapa saran yang dapat menjadi masukan untuk koperasi kredit Prima Danarta yaitu mengurangi perangkapan tugas pada pegawai, membatasi akses terhadap dokumen kredit, memperbaiki tata ruang pada setiap bagian agar tidak menjadi satu ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengendalian internal, pencairan kredit, pinjaman lalai
Subjects: Business > Accounting Diploma
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Users 8495 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:06
Last Modified: 13 Jul 2020 02:06
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/22276

Actions (login required)

View Item View Item