Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dan ketersediaan obat diabetes melitus di Puskesmas Kaibon

Putri, Sukma Wati Widodo (2020) Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dan ketersediaan obat diabetes melitus di Puskesmas Kaibon. Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy

Abstract

Petugas farmasi dan ketersediaan obat diabetes melitus menentukan tingkat mutu pelayanan di bagian instalasi farmasi Puskesmas Kaibon. Fakta yang ditemukan pasien sering menunggu lama untuk memperoleh obat, tempat yang di rasa kurang luas, dan jumlah tenaga pelayanan yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan pasien dan ketersediaan obat diabetes melitus terhadap pasien rawat jalan di Puskesmas Kaibon pada tahun 2020. Penelitian ini dilakukan terhadap 129 pasien rawat jalan yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus baik dengan atau tanpa penyakit penyerta. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji regresi linear (α = 0,05).Hasil penelitian ini menunjukan bahawa tingkat kepuasan pasien dan ketersediaan obat diabetes melitus berpengaruh terhadap mutu pelayanan pasien (p = 0,05). Ketersediaan obat paling besar berpengaruh dengan koefisien (β) 0,880. Hasil keseluruhan pelayanan Puskesmas Kaibon disimpulkan kurang memuaskan. Perlunya peningkatan pelayanan dan ketersediaan obat serta fasilitas penunjang sehingga meningkatkan kinerja pelayanan farmasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purwanto, Agus
NIDN0717086401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: mutu pelayanan, diabetes melitus, kepuasan pasien, puskesmas kaibon
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Users 8474 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:18
Last Modified: 18 Aug 2020 07:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22301

Actions (login required)

View Item View Item