Laporan kerja praktek di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mill Surabaya

Indra, Bingky and Natan, Daniel Christian (2019) Laporan kerja praktek di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mill Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I .pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy

Abstract

PT. ISM Tbk. Bogasari Flour Mills Surabaya adalah perusahaan yang melakukan proses pengolahan biji gandum menjadi tepung terigu. Sistem produksi yang diterapkan oleh PT.ISM Tbk. Bogasari Flour Mills Surabaya adalah mekanisasi industri dan sistem produksi secara kontinyu. Pada departemen pengemasan tepung terigu, terdapat beberapa sumber utama yang membuat proses pengemasan di perusahaan kehilangan produktifitasnya (DOWNTIME). Hal ini paling banyak disebabkan oleh mesinmesin yang digunakan pada departemen pengemasan, salah satunya disebabkan oleh mesin jahit. Mesin jahit merupakan proses terakhir yang sangat penting dalam proses pengemasan, sehingga apabila terjadi kerusakan pada mesin jahit akan berpengaruh pada seluruh proses pengemasan di satu lini. Untuk menjaga produktifitas dalam proses pengemasan agar dapat mengurangi terjadinya DOWNTIME, maka perlu adanya analisa terhadap mesin terkait yang menjadi akar penyebab terjadinya DOWNTIME. Data observasi yang diperoleh bahwa mesin jahit yang sering menyebabkan terjadinya DOWNTIME adalah jenis mesin tipe lama. Permasalahan yang terjadi diantaranya seperti mesin berhenti sendiri, benang putus, dan lain-lain. Dari analisis penulis menggunakan Fishbone diagram, diperoleh akar penyebab permasalahan yang terjadi yaitu dikarenakan belum adanya SOP yang tepat pada perawatan mesin jahit yang digunakan, serta lingkungan yang berdebu menyebabkan sering terjadinya mesin macet.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyono, Julius
NIDN0727047204
juliusnyamulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Fishbone diagram, PT.ISM Tbk. Bogasari Flour Mills Surabaya, tepung terigu, quality control
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 7675 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2020 12:43
Last Modified: 31 Jul 2020 12:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item View Item