Uji patch ekstrak etanol zingiber officinale dengan enhancer natrium lauril sulfat terhadap temperatur dan neutrofil tikus galur wistar yang diinduksi DPT

Wulandari, Andini Tri (2020) Uji patch ekstrak etanol zingiber officinale dengan enhancer natrium lauril sulfat terhadap temperatur dan neutrofil tikus galur wistar yang diinduksi DPT. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Demam merupakan suatu kondisi suhu inti tubuh yang meningkat karena adanya proses peradangan, bakteri dan infeksi virus. Dampak positif dari demam memicunya pertambahan jumlah leukosit sedangkan neutrofil merupakan leukosit pertama yang tiba ditempat infeksi tempat sel-sel aktif yang mengejar sel bakteri dengan menggunakan kemotaksis. Pada umumnya obat yang sering digunakan sebagai antipiretik yaitu parasetamol. Untuk mengurangi efek first past effect dipilih pemberian obat secara topikal dengan bentuk patch transdermal yang ditambahkan ekstrak etanol jahe merah. Adanya kandungan gingerol dari jahe merah dapat berfungsi sebagai antipiretik. Pada penelitian ini natrium lauril sulfat merupakan surfaktan anionik berfungsi sebagai enhancer yang membantu meningkatkan permeabilitas bahan aktif ke dalam kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dari sediaan patch ekstrak etanol jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) dengan enhancer natrium lauril sulfat ataupun tanpa enhancer terhadap temperatur tikus putih dan jumlah neutrofil yang diinduksi vaksin DPT Hb-Hib 0,2 ml secara intraperitoneal. Metode penelitian ini menggunakan 36 ekor tikus putih jantan galur wistar yang diadaptasi dan dipuaskan sebelum dilakukan penelitian. Pembagian kelompok Pretest-posttest control group design sebanyak 6 kelompok terdiri dari P0 (tanpa perlakuan), P1 (vaksin), P2 (parasetamol), P3 (patch kosong), P4 (patch bahan aktif) dan P5 (patch bahan aktif dan enhancer natrium lauril sulfat) yang dianalisis menggunakan uji one way ANOVA dilanjutkan uji Tukey HSD. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa patch ekstrak etanol jahe merah 5 ml dengan enhancer natrium lauril sulfat konsentrasi 1,25% dan tanpa enhancer dapat menurunkan temperatur tubuh secara signifikan tetapi tidak signifikan menurunkan jumlah neutrofil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Solfaine, Rondius
NIDN0708128801
solvaine@yahoo.co.id
Thesis advisor
Widodo, Yohanes Teguh
NIDN0703096403
teguhwidodo003@ymail.com
Uncontrolled Keywords: Patch, zingiber officinale, demam, neutrofil, natrium lauril sulfat
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 8602 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2020 14:42
Last Modified: 30 Jul 2020 14:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22520

Actions (login required)

View Item View Item