Pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap internet financial reporting pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2019

Salim, Vita (2020) Pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap internet financial reporting pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK!.pdf

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memperoleh laba. Dalam perusahaan terdapat dua pihak yaitu investor dan manajemen, dimana investor menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada manajemen agar memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu manajer harus mempertanggungjawabkan pengelolaan tersebut dengan memberikan informasi berupa financial reporting. Perkembangan teknologi dan investor yang sudah tidak mengenal batas negara mengakibatkan diperlukannya informasi yang mudah diakses dimanapun, sehingga diperlukan internet financial reporting. Dengan adanya internet financial reporting akan membuat penyajian informasi menjadi lebih efisien dan efektif baik untuk perusahaan maupun investor, sehingga diperlukan suatu tata kelola perusahaan yang baik dalam mendukung penyajian informasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini akan menguji dan menganalisis pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap internet financial reporting. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Variabel dependen yang digunakan adalah Internet Financial Reporting, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah mekanisme good corporate governance yang meliputi kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit dan reputasi auditor. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan dan informasi lain yang ada di website BEI dan website perusahaan. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Obyek penelitian adalah perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2019. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme good corporate governance yang diwakili kepemilikan manajerial, komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap internet financial reporting, sedangkan reputasi auditor berpengaruh positif terhadap internet financial reporting. Semakin baik reputasi auditor dalam mengaudit laporan keuangan perusahaan membuat perusahaan semakin banyak menyajikan informasi di internet financial reporting sebagai bentuk transparansi informasi pertanggungjawaban manajer ke pemegang saham dalam tata kelola perusahaan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lindrawati, .
NIDN0726127301
lindrawati@hotmail.com
Uncontrolled Keywords: Internet financial reporting, mekanisme good corporate governance,kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit, reputasi auditor.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8639 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:28
Last Modified: 29 Jul 2020 11:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22637

Actions (login required)

View Item View Item