Pengaruh Proporsi Beras Jagung dan Pati Garut Terhadap Kandungan Gizi Tortilla Chips Serta Kontribusinya Terhadap Angka Kecukupan Gizi

Simanjuntak, Melan Clarita (2020) Pengaruh Proporsi Beras Jagung dan Pati Garut Terhadap Kandungan Gizi Tortilla Chips Serta Kontribusinya Terhadap Angka Kecukupan Gizi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (856kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Ketidakseimbangan zat gizi dalam tubuh akibat kurangnya pemenuhan gizi harian dapat menimbulkan masalah seperti kekurangan gizi. Tubuh memerlukan suplai zat gizi yang memadai agar dapat bertumbuh dengan baik, oleh karena itu dibutuhkan makanan yang memiliki kualitas yang baik dan kuantitas yang cukup. Semakin bervariasi jenis makanan yang dikonsumsi, maka kecukupan zat gizi dapat terpenuhi, sehingga berdampak pada status gizi dan kesehatan. Salah satu upaya diversifikasi pangan untuk memenuhi kecukupan gizi adalah membuat snack berbahan dasar jagung yang memiliki nilai gizi tinggi seperti tortilla chips. Tortilla chips merupakan produk olahan makanan ringan berbahan dasar jagung yang berasal dari Meksiko dengan karakteristik berwarna kuning, tipis, dan renyah. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, tortilla chips yang hanya terbuat dari beras jagung memiliki tekstur yang kurang renyah dikarenakan kurangnya pati untuk membentuk struktur matriks, sehingga diperlukan penambahan sumber pati lain. Salah satu pati yang dapat memperbaiki tekstur adalah pati garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi beras jagung dan pati garut terhadap kandungan gizi tortilla chips serta kontribusinya terhadap pemenuhan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada rentang usia dan jenis kelamin yang berbeda. Metode penelitian ini menggunakan perhitungan data sekunder. Proporsi beras jagung dan pati garut yang digunakan adalah 85:15, 75:25, dan 65:35. Hasil analisa kandungan gizi menunjukkan semakin tinggi proporsi beras jagung dapat meningkatkan kalori (344,36-347,06 kkal), menurunkan karbohidrat (82,23-81,30 gram), meningkatkan protein (3,61-4,68 gram), meningkatkan lemak (0,07-0,09 gram), meningkatkan kalsium (13,32-17,19 mg), meningkatkan zat besi (0,93-1,20 mg) dan meningkatkan kandungan serat (7,42-8,75 gram). Hasil analisa kontribusi terhadap pemenuhan AKG menunjukkan bahwa semakin tinggi proporsi beras jagung memberikan kontribusi tertinggi terhadap AKG kalori, makronutrien (karbohidrat, protein, lemak), mikronutrien (kalsium dan besi) dan serat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rulianto, Adrianus Rulianto
NIDN0702126701
rulianto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: tortilla chips, beras jagung, pati garut
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Melan Clarita Simanjuntak
Date Deposited: 03 Aug 2020 10:31
Last Modified: 03 Aug 2020 10:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22953

Actions (login required)

View Item View Item