Pengaruh proporsi Pisang Cavendish (Musa Acuminata Cavendish S.) dan Stroberi (Fragaria Ananassa) terhadap kandungan gizi velva Pisang Stroberi dan kontribusinya terhadap angka kecukupan gizi

Yasmin, Massitah Saraswati (2020) Pengaruh proporsi Pisang Cavendish (Musa Acuminata Cavendish S.) dan Stroberi (Fragaria Ananassa) terhadap kandungan gizi velva Pisang Stroberi dan kontribusinya terhadap angka kecukupan gizi. Undergraduate thesis, Widya Mandata Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Velva merupakan dessert atau makanan pencuci mulut yang terbuat dari buah-buahan. Kelebihan velva adalah kandungan lemaknya yang rendah karena tidak menggunakan lemak tambahan, mengandung vitamin C dan serat yang berasal dari buah. Salah satu buah yang dapat digunakan dalam pembuatan velva adalah buah pisang cavendish, karena pisang cavendish memiliki kadar gizi yang lengkap dan pemanfaatan pisang cavendish di Indonesia yang kurang beragam. Penggunaan pisang cavendish sebagai bahan dasar velva akan menghasilkan velva dengan warna kecoklatan karena terjadinya pencoklatan enzimatis atau browning. Oleh karena itu penambahan stroberi diharapkan dapat menghambat terjadinya pencoklatan serta memberikan warna velva yang lebih menarik, karena stroberi memiliki kadar vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Pada pembuatan velva dibutuhkan bahan penstabil untuk menghasilkan velva dengan tekstur yang lembut. Salah satu bahan penstabil yang biasa digunakan adalah CMC (Carboxy Methyl Cellulose).Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Proporsi buah pisang cavendish dan stroberi terdiri dari 3 perlakuan, yaitu 25:75, 50:50, dan 75:25. Analisa yang dilakukan adalah menghitung kadar gizi, yang meliputi kalium, serat, vitamin C, mineral, dan gula serta menghitung kontribusi pemenuhan angka kecukupan gizi (AKG) pada kelompok berbagai usia anak-anak (10-12 tahun), remaja (16-18 tahun), dewasa (30-49 tahun) dan juga berdasarkan jenis kelamin. Pada perlakuan P1 kontribusi AKG vitamin C terbesar yaitu 47,925mg, dan pada perlakuan P3 kontribusi AKG terbesar kalium (327mg), serat (2,45g), mineral (363,83mg), dan gula (56,31g)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Suseno, Thomas Indarto Putut
NIDN0707036201
thomasindartoftp@gmail.com
Thesis advisor
Utomo, Adrianus Rulianto
NIDN0702126701
rulianto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Velva, velva Pisang Stroberi
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8831 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 01:48
Last Modified: 04 Aug 2020 01:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item