Potensi ekstrak air bunga Kecombrang yang dikeringkan pada berbagai suhu dengan metode rotary drying terhadap kadar total fenol dan kemampuan menangkal radikal bebas DPPH

Pali', Pujianti Fidtra (2020) Potensi ekstrak air bunga Kecombrang yang dikeringkan pada berbagai suhu dengan metode rotary drying terhadap kadar total fenol dan kemampuan menangkal radikal bebas DPPH. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy

Abstract

Bunga kecombrang merupakan tumbuhan herbal yang dimanfaatkan sebagai bumbu masak karena kaya senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Kadar air yang tinggi dalam bunga kecombrang dapat dihilangkan dengan proses pengeringan untuk memperpanjang masa simpan. Proses pengeringan diduga dapat mempengaruhi komponen senyawa fitokomia dan aktivitas antioksidan dalam bunga kecombrang. Oleh karena itu, dilakukan pengujian identifikasi senyawa fitokimia dan aktivitas antioksidan di dalam bunga kecombrang kering. Air dipilih sebagai pelarut ekstraksi karena air merupakan pelarut yang universal sehingga mudah diaplikasikan dalam pengolahan produk pangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak air bunga kecombrang yang dikeringkan pada berbagai suhu pengeringan dengan rotary drying terhadap kadar total fenol dan kemampuan menangkal radikal bebas DPPH. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal dengan 5 taraf perlakuan dan 6 kali ulangan, yaitu suhu pengeringan bunga kecombrang. Data dianalisa dengan ANOVA pada α= 5% dan dilanjutkan dengan uji DMRT pada α = 5%. Parameter yang diuji adalah identifikasi senyawa fitokimia, total fenol dan kemampuan menangkal radikal bebas DPPH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan air untuk mengekstrak bunga kecombrang yang dikeringkan pada berbagai suhu pengeringan dengan rotary drying berpengaruh terhadap kadar total fenol dan kemampuan menangkal radikal bebas DPPH. Kadar total fenol ekstrak air bunga kecombrang berkisar antara 2,3010±0,6478 – 4,9945±0,5999 mg EAG/g sampel dan kemampuan menangkal radikal bebas DPPH berkisar antara 0,4756±0,0080 – 2,8801±0,1741 mg EAG/g sampel. Kadar total fenol ekstrak air bunga kecombrang berkorelasi positif lemah terhadap kemampuan menangkal radikal bebas DPPH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknologi Pangan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyawati, Paini Sri
NIDN0723047302
paini@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Utomo, Adrianus Rulianto
NIDN0702126701
rulianto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bunga kecombrang, pelarut air, suhu, rotary drying, total fenol, menangkal radikal bebas.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 8822 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:34
Last Modified: 16 Oct 2020 03:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item