Wolfe, Wenny Natalia Maria (2020) Studi kasus penerapan sentra bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Santa Maria Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Wenny ABSTRAK FINAL.pdf Download (406kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
Preview |
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf Download (419kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
Abstract
Setiap anak usia dini berhak memperoleh pendidikan yang diberikan baik melalui keluarga maupun disekolah. Karena anak usia dini dari usia 0-6 tahun merupakan masa-masa yang perlu memperoleh stimulus dari orang tua maupun lingkungan sekolah. Oleh karena itu dalam upaya yang bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan melalui stimulus, agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan usia. Maka seperti kita ketahui bahwa setiap anak antara anak yang satu dengan yang lainnya berbeda tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Hal tersebut tergantung dari stimulus yang diberikan dan diterima oleh setiap anak. Maka apabila stimulus baik dapat diterima sehingga membantu setiap anak pada aspek perkembangan yang terdiri dari agama, bahasa, kognisi, motorik halus, motorik kasar, seni, dan sosial emosional. Salah satu dari ke enam aspek yang diamati oleh penulis yaitu motorik halus. Sebagai upaya untuk mengembangkan kemapuan motorik halus anak melalui model pembelajaran yang digunakan adalah sentra bahan alam. Sentra berasal dari kata centre yang artinya pusat. Sentra merupakan tempat yang telah dipersiapkan oleh pendidik dan diberikan kepada anak sebagai kegiatan bermain. Bentuk pembelajaran sentra membantu anak untuk mengeksplorasi dengan menggunakan kemampuannya melalui berbagai macam alat sebagai pendukung perkembanagan melalui: main sensorimotor, main simbolik (main peran), dan main pembangunan (cair dan terstruktur). Peneliti melakukan studi kasus yang menggunakan jenis penelitian kualitatif. Menurut tokoh Moleong penelitian kualitatif berupa narasi secara alami yang terjadi di lapangan. Maka peneliti untuk memproleh data dari yang terobservasi yaitu anak usia dini 3-4 tahun melalui teknik pengumpulan yang terdiri dari observasi, wawancara sertan dokumentasi. Yang diambil pada saat proses belajar mengajar di sentra bahan alam berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Puridawaty, Brigita NIDN0711108002 gitaukwms@ukwmsl.ac.id Thesis advisor Anggraini, Kristin NIDN0707097909 kristinanggraini@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan motorik halus, sentra bahan alam |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Wenny Natalia |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 12:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 12:29 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23168 |
Actions (login required)
View Item |