Pengaruh keterlibatan peran ayah terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah : studi perbandingan berbasis sintesis literartur

Arvianti, Kirana (2020) Pengaruh keterlibatan peran ayah terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah : studi perbandingan berbasis sintesis literartur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan peranan ayah dalam pengasuhan anak dapat berdampak penting dalam perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh keterlibatan peran ayah terhadap perkembangan kognitif pada anak usia prasekolah. Penelitian ini memfokuskan pada ayah kandung yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan cross sectional menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian penulis menggunakan instrumen fathering scale untuk variabel peran ayah dan ceklist dari standar Dinas Dan Kebudayaan Nasional 2014 untuk alat ukur perkembangan kognitif. Populasi yang digunakan oleh penulis adalah anak usia 4-6 tahun yang mempunyai ayah kandung, namun penelitian terhalang pendemi Covid-19 peneliti megganti dengan menggunakan sintesis literatur sehingga penulis menggunakan 3 situs pencarian jurnal diantaranya Science Direct, Google Schoolar, NCBI (National Center for Biotechnology information) menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan peran ayah, perkembangan kognitif, kognitif anak praseolah, role of fathering, fathering infulence, father involvement, cognitive development, cognitive development of preschools dalam periode tahun 2010-2020. Dari 10 artikel, didapatkan 6 (60%) artikel dengan desain yang sama yaitu cross sectional dan 4 (40%) artikel dengan desain berbeda, 10 artikel (100%) dengan populasi penelitian yang sama yaitu ayah, 5 artikel (50%) pada anak usia prasekolah yaitu 4-6 tahun. dan 5 artikel (50%) dengan populasi penelitian berbeda, 10 artikel (100%) dengan teknik sampling yang sama yaitu teknik purposive sampling, 3 artikel (30%) dengan teknik analisa yang sama yaitu menggunakan uji rank spearman dan artikel 7 (70%) dengan teknik analisa yang berbeda. 10 artikel dengan instrumen yang berbeda. Seluruh artikel membuktikan bahwa peranan ayah yang baik, ayah yang membagi waktu yang baik, memberikan perhatian dan sering berinteraksi dengan anak dapat berdampak baik pada perkembangan kognitif.Keterbatasan penulis dalam menyusun penelitian ini adalah adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di wilayah penulis mengakibatkan penulis tidak dapat mengumpulkan data dan melakukan penelitian di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Juwita, Linda
NIDN071088701
lindajuwita@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Nugrahani, Agustin
NIK910002
agustinugrahani25@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Peran ayah, perkembangan kognitif, prasekolah
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 8889 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 08:02
Last Modified: 26 Sep 2023 03:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23257

Actions (login required)

View Item View Item