Penerapan Think-Pair-Share (TPS) berbantuan demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan kalor di kelas X-1 SMS IPIEM Surabaya

Anivyana, Sajjydah Reshadelin (2013) Penerapan Think-Pair-Share (TPS) berbantuan demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan kalor di kelas X-1 SMS IPIEM Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMA IPIEM Surabaya ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar Fisika kelas X-1 masih rendah. Nilai rata– rata ulangan fisika adalah 55,83 dengan prosentase ketuntasan 30,56%, sedangkan prosentase keaktifan adalah 33,33%. Guru telah mencoba berbagai metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi, namun masih banyak siswa yang belum mencapai SKM. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA IPIEM Surabaya. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbantuan demosntrasi dalam rangka penelitian tindakan kelas. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas adalah tingkat ketuntasan siswa yang mencapai SKM diharapkan tidak kurang dari 85% dengan rata-rata kelas 75 dan tingkat keaktifan siswa 75%. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think-Pair-Share berbantuan demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Didapatkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada Siklus I 61,11% dan meningkat pada Siklus II 88,89%. Prosentase rata-rata keaktifan siswa pada Siklus I 63,89% dan meningkat pada Siklus II 80,56%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Think-Pair-Share, aktivitas siswa, hasil belajar siswa
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 08:03
Last Modified: 28 Jan 2016 06:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item