Pengembangan Lembar Kerja Peserta Disik (LKPD) pokok bahasan impuls dan momentum model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa fisika UKWMS dalam pengajaran secara daring

Sababalat, Firena Frima Nirmala (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Disik (LKPD) pokok bahasan impuls dan momentum model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa fisika UKWMS dalam pengajaran secara daring. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis dengan Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Untuk mendukung proses pembelajaran, selain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrument pembelajaran lainnya termasuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) juga dikembangkan. Instrument divalidasi oleh para ahli sebelum di implementasikan dalam proses pembelajaran yang sebenarnya. Menurut validasi ahli, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Rencana Evaluasi dikategorikan “sangat valid” dengan skor masing-masing 3,66, dan 3,44 sedangkan Lembar Kerja Peserta Didik dikategorikan sebagai “valid” dengan skor 3,38. Pengujian lapangan dilakukan di Dapartemen Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Siswa Dapartemen Pendidikan Fisika berpartisipasi dalam pengujian lapangan secara daring. Peserta didik melakukan pre-test dan post-test online diawal dan diakhir proses pembelajaran. Berdasarkan pengujian lapangan, skor implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah 0,95 (dari 1,00), yang dapat dikategorikan sebagai “sangat baik”. Rata-rata skor N-gain adalah 0,60 dan dapat dikategorikan sebagai peningkatan “sedang”. LKPD yang telah di buat memperoleh respon peserta didik dengan skor 3,56 dengan kategori “sangat positif”. Secara keseluruhan, Lembar Kerja Peserta Didik model Inkuiri Terbimbing telah dikembangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan melibatkan respon positif pesrta didik. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang telah dibuat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
muteng03@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, impuls dan momentum, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Firena Frima Nirmala Sababalat
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:45
Last Modified: 17 Sep 2020 07:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23528

Actions (login required)

View Item View Item