Pengaruh konsep diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Unika Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016

Rahayu, Dwi Sri (2018) Pengaruh konsep diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Unika Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016. Media Prestasi; Jurnal Kependidikan STKIP PGRI Ngawi, XVIII (1). pp. 202-217. ISSN p-ISSN: 1979-9225; e-ISSN: 2356-2692

[thumbnail of Pengaruh konsep diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Unika Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016]
Preview
Text (Pengaruh konsep diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Unika Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016)
Artikel.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Cover dan Redaksi]
Preview
Text (Cover dan Redaksi)
Cover dan Redaksi.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Hasil cek similarity]
Preview
Text (Hasil cek similarity)
Hasil cek similarity.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Surat Tugas]
Preview
Text (Surat Tugas)
Surat Tugas.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Menjadi mahasiswa merupakan hal yang membanggakan, akan tetapi tidak jarang ditemukan mahasiswa mengalami hambatan dalam prosesnya. Mahasiswa yang menghadapi hambataan cenderung rentan mengalami stress. Stressor yang dimiliki oleh setiap mahasiswa satu dengan yang lain tentunya berbeda. Penelitian ini memiliki tujuan untukmenganalisis pengaruh konsep diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Universitas Katolik Widya Mandala Madiun tahun akademik 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Hipotesis berbunyi konsep diri berpengaruh terhadap stres akademik mahasiswa baru Universitas Katolik Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016. Dengan menggunakan uji t diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 13,360dengan (db) = n-k-1= 106-1-1 = 104 pada taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai t sebesar 1,98. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis diterima. Artinya konsep diri berpengaruh terhadap stres akademik mahasiswa baru Universitas Katolik Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016. Disimpulkan bahwa terdapat 63,2% tingkat stres akademik mahasiswa baru Universitas Katolik Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016 dipengaruhi oleh konsep diri, sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: konsep diri, stress akademik, mahasiswa baru
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Guidance and Counseling
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Guidance and Counseling Study Program
Depositing User: Dwi Sri Rahayu
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:11
Last Modified: 22 Jan 2021 02:11
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/23901

Actions (login required)

View Item View Item