Intensitas penggunaan smartphone dan kecerdasan emosi pada remaja asrama K di Malang

Harjanto, Bela Chrestella (2020) Intensitas penggunaan smartphone dan kecerdasan emosi pada remaja asrama K di Malang. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V + DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Masa remaja merupakan salah satu tahapan perkembangan manusia yang dianggap penting, dimana remaja memiliki keingintahuan yang tinggi untuk mendapatkan jati dirinya. Pada remaja, selain membutuhkan adanya kecerdasan intelektual, remaja juga memerlukan adanya kecerdasan emosi agar dapat mengatasi masalah dan tantangan dalam kehidupannya (Salovey&Mayer, dalam Goleman 2001) dan dapat beradaptasi dengan baik dengan pergaulan sosial dan lingkungannya. Kecerdasan emosi merupakan suatu perangkat kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan untuk memahami perasaan emosi diri sendiri serta orang lain dan menggunakannya untuk berpikir dan bertindak. Ciri yang Nampak dari penurunan pada kecerdasan emosi adalah remaja menarik diri dari pergaulan sosial, salah pergaulan, mudah merasa cemas dan depresi, dan adanya permasalahan terkait empati dan berpikir (mudah melamun, tidak dapat duduk tenang, dan sulit berkonsentrasi). Pada remaja dengan penggunaan smartphone melebihi waktu ideal dapat mengganggu kinerja otak dan mengganggu kemampuan remaja dalam bersosialisasi, hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya kecerdasan emosi pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan smartphone dan kecerdasan emosi pada remaja asrama K di Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Hasil uji normalitas dan linearitas tidak terpenuhi sehingga peneliti menggunakan teknik analisa statistik non parametrik (Kendall’s Tau-b). Hasil pengolahan data menunjukkan nilai sig. sebesar 0,495 (p ≥ 0.05). Dengan demikian dapat dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dan kecerdasan emosi pada remaja asrama K di Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hapsari, Elisabet Widyaning
NIDN0704118303
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Engry, Agustina
NIDN0718089102
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Remaja, intensitas penggunaan smartphone, kecerdasan emosi.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Bela Chrestella Harjanto
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:10
Last Modified: 12 Jan 2021 07:10
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item