Gambaran psychological capital pada pengusaha kedai kopi

Rumondor, Jovanka Maria (2020) Gambaran psychological capital pada pengusaha kedai kopi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Psychological capital merupakan modal psikologis untuk mencapai kesuksesan seseorang dalam perkembangan, yang dikarakteristikan seperti self-efficacy, optimisme, hope, dan resiliensi. Psychological capital salah satu konstruk psikologis yang dapat dijadikan modal bagi individu dalam menghadapi dan mengatasi setiap tantangan yang ada. Sebuah usaha pasti tidak terlepas dari tantangan-tantangan. Begitu pula dengan usaha kedai kopi, seorang pengusaha kedai kopi harus memiliki modal psikologis agar dapat menghadapi dan mengatasi setiap tantangan yang ada. Peneliti membuat penelitian ini dengan tujuan untuk melihat bagaimana gambaran peran psychological capital pada pengusaha kedai kopi yang sampai saat ini masih dipertahankan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik deduktif (theory-led thematic analysis). Informan dalam penelitian ini merupakan pemilik kedai kopi yang sudah menjalankan kedai kopi kurang lebih 1-2 tahun, dan usaha ini merupakan satu-satunya yang dimiliki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga pengusaha kedai kopi memiliki modal psikologis psychological capital pada dirinya. Hal ini terlihat dari masing-masing individu memiliki setiap aspek dari psychological capital, yaitu self-efficacy, optimisme, hope, dan resiliensi. Selain itu, ditemukan juga faktor-faktor yang mempengaruhi psychological capital pada individu yaitu faktor internal seperti religiusitas dan prinsip-prinsip yang diyakini dan juga faktor eksternal seperti dukungan dari lingkungan terdekat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Desak Nyoman Arista Retno
NIDN0726108203
desakdewi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Psychological capital, kedai kopi, studi fenomenologi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Jovanka Maria Rumondor
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:53
Last Modified: 13 Jan 2021 04:53
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/23912

Actions (login required)

View Item View Item