Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Theja, Tamara Thalia (2020) Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa dalam perkuliahan sehari-hari harus menyelesaikan tugas-tugas akademik antara lain tugas gambar anatomi, laporan, presentasi, praktikum, ujian, ada pula mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Hal-hal tersebut berpotensi memicu timbulnya stres akademik pada mahasiswa. Salah satu faktor yang diduga dapat mengurangi stres akademik pada mahasiswa adalah self regulated learning. Mahasiswa dengan self regulated learning yang tinggi cenderung menjaga motivasi belajar, membuat rencana belajar, mengatur lingkungan belajarnya dengan cara tertentu agar dapat belajar dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Stres akademik yang rendah akan diikuti dengan self regulated learning yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Subjek dalam penelitian ini (N = 139) adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017, 2018, dan 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur skala stres akademik dan self regulated learning. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan parametrik Korelasi Pearson Product-moment. Hasil analisis menunjukkan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) dan hasil koefisien korelasi rxy sebesar -0,473 yang berarti ada hubungan negatif antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Semakin rendah self regulated learning, maka semakin tinggi stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hapsari, Elisabet Widyaning
NIDN0704118303
elisabet_hapsari@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, self regulated learning, mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Tamara Thalia Theja
Date Deposited: 17 Jan 2021 11:15
Last Modified: 17 Jan 2021 11:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23951

Actions (login required)

View Item View Item