Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada remaja akhir di Surabaya

Manek, Maria Yosefina (2020) Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada remaja akhir di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena tingginya intensitas bermain game online pada remaja akhir marak terjadi akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan kemudahan mengakses permainan, dan persaingan dalam game yang membuat individu tertantang untuk menyelesaikan setiap level permainan tersebut. Salah satu faktor internal yang dapat menyebabkan tingginya intensitas bermain game online adalah rendahnya kontrol diri yang dimiliki oleh para remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada remaja akhir. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan skala Kontrol Diri dan Angket Intensitas Bermain Game Online. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 16.0 dengan teknik non-parametrik Kendall’s Tau-b dan mendapat nilai signifikansi sebesar 0,020 dengan nilai r menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar -0,168. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada remaja akhir di Surabaya dengan nilai sumbangan efektif sebesar 2,82 % yang berarti masih ada 97,18 % faktor lain yang mempengaruhi intensitas bermain game online pada remaja akhir di Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susilo, J. Dicky
NIDN0718067904
susilo_dicky@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri, intensitas bermain game online, remaja akhir
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Maria Yosefina Manek
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:18
Last Modified: 18 Jan 2021 07:18
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/23956

Actions (login required)

View Item View Item