Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada siswa akselerasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto

Khotimah, Nur (2020) Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada siswa akselerasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V + DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosialteman sebaya dengan stres akademik pada siswa akselerasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Program akselerasi merupakan pelayanan khusus yang diberikan kepada siswa cerdas istimewa (IQ>130) dengan kurikulum lebih cepat dibanding dengan program reguler. Program tersebut bertujuan mengoptimalkan bakat dan minat siswa. Akan tetapi dalam prakteknya pada saat yang sama program akselerasi juga dapat menjadi sumber stres tersendiri bagi siswa. Stres di sekolah adalah kondisi ketidaknyamanan siswa karena banyaknya tuntutan yang muncul dari peristiwa sehari-hari di sekolah, mengakibatkan ketegangan secara emosi, fisik, psikologis dan perilaku yang berdampak pada prestasi akademik maupun perkembangan siswa. Dukungan sosial teman sebaya adalahpemberian informasi, nasehat, bantuan nyata yang diberikan oleh individu, teman, sahabat kepada individu lain sehingga menimbulkan perasaan dicintai, diperhatikan, dipedulikan dan dihargai bagi individu yang menerimanya. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi akselerasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto sebanyak 150 siswa. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan stres akademik pada siswa akselerasi di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dengan nilai correlation coefficient r sebesar -0.195 dan sig. 0.001 (p <0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah stres akademik pada siswa akselerasi, begitu sebaliknya semakin rendah dukungan sosial teman sebaya maka stres akademik tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Adhyatma, Made D. Rama
NIDN0724128705
made_dharmawan@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Akselerasi, stres akademik, dukungan sosial teman sebaya
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Nur Khotimah
Date Deposited: 15 Jan 2021 12:37
Last Modified: 15 Jan 2021 12:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item View Item