Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent

Hadisoewignyo, Lannie and Fudholi, Achmad (2007) Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent. Majalah Farmasi Indonesia, 18 (3). pp. 133-140. ISSN 0126-1037, Jurnal Nasional Terakreditasi, SK Akreditasi: 26/DIKTI/Kep/2005

[thumbnail of Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent]
Preview
Text (Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent)
7-Studi_on_the_in_vitro_.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent_peer_review_] Text (Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent_peer_review_)
6-R1&2-Studi_on_the_in_vitro_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent]
Preview
Text (Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent)
7-Studi_on_the_in_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent] Text (Studi on the in vitro release of ibuprofen from xanthan gum matrix combined with a crosslinking agent)
6-Studi_pelepasan_in_vitro_ibuprofen_Koresponden.pdf

Download (404kB)

Abstract

Ibuprofen merupakan obat antiinflamasi nonsteroid yang sering digunakan dengan frekuensi penggunaan berulangkali dalam sehari sehingga dapat menyebabkan resiko lupa meminum obat pada pasien. Selain itu efek samping yang dimiliki oleh ibuprofen adalah gangguan saluran cerna dimana efek samping ini dapat meningkat dengan penggunaan obat yang berulangkali. Oleh karena itu banyak penelitian yang dikerjakan untuk memperoleh sistem pelepasan ibuprofen yang terkontrol. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelepasan ibuprofen secara in vitro dari matriks xanthan gum yang dikombinasikan dengan suatu crosslinking agent, yaitu locust bean gum atau kalsium sulfat. Pada penelitian ini, dibuat enam formula tablet ibuprofen yang dicetak dengan tekanan kompresi sama. Formula I, II dan III menggunakan matriks kombinasi xanthan gum dan locust bean gum (1:½, 1:1, 1:1½) sedangkan formula IV, V dan VI menggunakan matriks kombinasi xanthan gum dan kalsium sulfat (1:½, 1:1, 1:1½). Tablet yang diperoleh diuji sifat fisis dan karakteristik pelepasan obatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula dengan matriks kombinasi xanthan gum-locust bean gum memiliki sifat kompaktibilitas yang berbeda dengan kombinasi xanthan gum-kalsium sulfat. Kombinasi xanthan gum dengan locust bean gum maupun kalsium sulfat sebagai crosslinking agent dapat mempengaruhi sifat-sifat fisis tablet yang dihasilkan maupun profil pelepasannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ibuprofen, xanthan gum, locust bean gum, kalsium sulfat, disolusi, tablet lepas lambat
Subjects: Pharmacy
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:35
Last Modified: 21 Jul 2023 08:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24141

Actions (login required)

View Item View Item