Marshelina, Vinia Febrianita (2021) Analisis Komparatif Pesan Promosi dalam Akun Instagram @Alfamart dan @Indomaret. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (781kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (415kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pesan dalam kegiatan promosi merupakan suatu hal yang penting untuk membangun makna antara sebuah perusahaan dengan khalayaknya. Promosi saat ini banyak dilakukan melalui media sosial karena kemajuan teknologi yang ada. Kegiatan promosi melalui media sosial ini juga dilakukan oleh dua perusahaan ritel besar di Indonesia yang dikenal head to head yaitu Alfamart dan Indomaret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan isi pesan promosi yang dilakukan oleh dua perusahaan ritel tersebut melalui unggahan yang ada pada masing-masing akun instagram keduanya, yaitu @alfamart dan @indomaret. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan mengacu pada beberapa indikator seperti Offering Mix, . Appeal Mix, Multimedia Mix, Content Type, Order of Presentation : Climax dan Anti-Climax, Recency, dan Drawing a Conclusion. Melalui perbandingan tersebut dapat terlihat bahwa Alfamart dan Indomaret sama-sama cenderung menonjolkan unggahan dengan Appeal Mix dalam hal Pesan Non-Verbal. Dari segi struktur pesan Alfamart lebih cenderung menggunakan struktur pesan One-Sided sedangkan Indomaret cenderung menggunakan Two-sided dalam unggahan berupa caption yang dimiliki. Pada bagian penyajian pesan Alfamart dan Indomaret memiliki kecenderungan yang sama yaitu menggunakan Anti-Climax. Lalu, untuk penarikan kesimpulan sendiri, Alfamart dan Indomaret juga sama-sama menggunakan penarikan kesimpulan oleh khalayak secara Eksplisit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Nugraheni, Yuli NIDN0630077303 yulinugraheni@ukwms.ac.id Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 gita@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi, Pesan promosi, Alfamart, Indomaret |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 9249 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 05:50 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 05:50 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24175 |
Actions (login required)
View Item |