Penerapan lean di tempat kerja

Herdianto, Vincentius Aditya (2021) Penerapan lean di tempat kerja. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Lean merupakan sebuah filosofi, pola pikir, metodologi, ataupun tools yang digunakan untuk menghilangkan berbagai jenis waste pada pemakaian sumber daya. Saat ini, lean sudah diterapkan di bidang manufaktur di perusahaan yang besar. Namun, lean tidak hanya digunakan pada bidang manufaktur dengan cakupan perusahaan yang besar, lean juga dapat diterapkan di perusahaan kecil seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan di bidang lainnya. Maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk membandingkan tiga case study penerapan lean di tiga tempat kerja yang berbeda-beda. Case study pertama membahas mengenai penerapan lean pada bidang operasi transportasi pada pengiriman bir, case study kedua membahas mengenai penerapan lean pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang memproduksi cat, dan case study ketiga membahas mengenai penerapan lean di pendidikan. Dalam penelitian ini, content analysis digunakan untuk menentukan aspek apa saja yang akan dibandingkan cross-case comparison. Hasil content analysis menunjukkan bahwa terdapat empat hal yang dibandingkan, yaitu jenis-jenis waste, tujuan, tools yang digunakan, dan hasil yang diperoleh. Setelah melakukan perbandingan, didapatkan hasil bahwa lean dapat diterapkan di berbagai bidang kerja karena lean dapat mengidentifikasi waste yang ada di tempat kerja, mengurangi service time, waktu persiapan, jarak tempuh, dan dapat membantu meningkatkan permintaan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyana, Ignatius Jaka
NIDN0710047001
jmulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lean, lean in road transport operation, lean in SMEs, lean in higher education, content analysis.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 9398 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:00
Last Modified: 25 Jan 2021 08:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item