Laporan studi literatur penerapan Value Stream Mapping (VSM) pada tiga sektor industri : manufaktur, jasa dan pengolahan makanan

Widijono, Michael Andreanus (2021) Laporan studi literatur penerapan Value Stream Mapping (VSM) pada tiga sektor industri : manufaktur, jasa dan pengolahan makanan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (788kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Value Stream Mapping (VSM) dalam sektor industri telah banyak digunakan, khususnya dalam sektor industri manufaktur. Penerapan dalam sektor industri manufaktur membuktikan bahwa VSM dapat meningkatkan kinerja dan proses industri dengan cara mengeliminasi pemborosan yang teridentifikasi pada saat pemetaan. Hal itu membuat beberapa sektor industri seperti jasa ikut menerapkan VSM sebagai alat untuk meningkatkan kinerja dan proses pelayananya. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan membandingkan tiga studi kasus penerapan VSM pada sektor industri manufaktur, industri jasa dan industri pengolahan makanan. Tujuan dari membandingkan ketiga sektor industri yaitu untuk mengetahui dampak penerapan VSM di sektor industri manufaktur, industri jasa dan industri pengolahan makanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literature Review terhadap artikel yang berkategorikan studi kasus, yang memiliki rentang waktu publikasi 2010-2020. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah setiap sektor industri berhasil memperbaiki dan meningkatkan kinerja proses industri. Selain itu, dampak yang dihasilkan dari penerapan VSM pada setiap sektor industri memiliki dampak yang berbeda-beda, namun dampak yang sama dan dapat dirasakan oleh setiap sektor industri yaitu setiap sekor industri dapat meningkatkan kinerja proses produksi/layanan dan berhasil menurunkan waktu produksi/layanan. Makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pembaca bahwa VSM dapat diterapkan dalam berbagai sektor industri, serta dapat menjadi bahan acuan bagi para pelaku industri untuk melakukan perbaikan proses dengan menggunakan VSM.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyono, Julius
NIDN0727047204
juliusnyamulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lean, value stream mapping, komponen otomatis, layanan telekomunikasi, pengolahan makanan
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 9402 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:54
Last Modified: 26 Jan 2021 08:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24286

Actions (login required)

View Item View Item