Analisis dan perancangan prosedur operasional standar siklus pembelian bahan baku lokal pada perusahaan tekstil (Studi kasus pada PT.PMT)

Kosasih, Agustine Alicia (2020) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar siklus pembelian bahan baku lokal pada perusahaan tekstil (Studi kasus pada PT.PMT). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Objek pada penelitian ini adalah PT. PMT yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri tekstil di Gresik. Perusahaan ini sudah mempunyai Prosedur Operasional Standar (POS) sejak 2017. Saat ini perusahaan sedang dalam tahapan sertifikasi ISO, sehingga perusahaan perlu melakukan evaluasi dan perbaruan pada POS-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang kembali POS siklus pembelian bahan baku lokal yang memadai dengan kondisi perusahaan saat ini. Selain itu peneliti juga melakukan evaluasi pada aktivitas pengendalian internal agar lebih baik. Adapun permasalahan yang terjadi adalah perusahaan tidak memiliki dokumen order pembelian saat melakukan pembelian. Akibatnya ketika menerima bahan baku, perusahaan tidak mempunyai dokumen internal yang memadai untuk dicocokkan dengan surat jalan. Kemudian pada dokumen retur pembelian juga tidak bercetak nomor urut, sehingga mengakibatkan perusahaan kesulitan untuk melakukan pengarsipan. Permasalahan terakhir, POS perusahaan dengan praktiknya saat ini yang sudah tidak relevan. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan analisis data dimulai dari job description, temuan perbaruan POS, aktivitas pengendalian, dokumen, dan prosedur yang terkait dengan siklus pembelian supplier perorangan. Hasil dari penelitian ini adalah membuat dokumen tambahan yaitu order pembelian untuk pemasok, menambahkan nomor retur pada dokumen retur pembelian, dan menyesuaikan POS dengan kondisi perusahaan saat ini. Dari hasil penelitian diharapkan PT. PMT untuk selalu melakukan evaluasi pada POS-nya secara rutin agar relevan dengan kondisi perusahaan dan untuk menunjang tahap sertifikasi ISO-nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Siklus pembelian, Prosedur Operasional Standar (POS), aktivitas pengendalian
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Agustine Alicia Kosasih
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:07
Last Modified: 26 Jan 2021 01:51
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24452

Actions (login required)

View Item View Item