Analisis dan perancangan prosedur operasional standar siklus pembelian terhadap pengajuan dana impor, impor dan operasional impor pada perusahaan tekstil (Studi kasus pada PT PMT)

Oley, Yosephine Anastasia (2020) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar siklus pembelian terhadap pengajuan dana impor, impor dan operasional impor pada perusahaan tekstil (Studi kasus pada PT PMT). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy

Abstract

Objek penelitian ini dilakukan pada PT PMT yang bergerak di bidang industri tekstil. Saat ini PT PMT telah memiliki POS pada semua aktivitas operationalnya termasuk siklus pembelian impor akan tetapi POS yang dimiliki kurang sesuai dengan keadaan saat ini dan memerlukan perbaikan. Terdapat beberapa dokumen yang masih belum tergambar dalam mendukung proses impor pada POS, surat jalan yang kurang mendukung proses impor, belum terdapatnya bukti atas aktivitas booking truck yang dilakukan dalam pengambilan container dan PT PMT masih belum mendokumentasikan seluruh aktivitas pelaksanaan kegiatan dan penggunaan dana selama proses impor berlangsung kedalam Laporan Pertanggungjawaban. Penelitian ini didukung sepenuhnya oleh perusahaan dan merupakan permintaan dari PT PMT kepada pihak Universitas untuk dilakukan peninjauan kembali terhadap POS yang telah dimiliki. Diharapkan dengan adanya penelitian ini perusahaan dapat memperoleh masukan, sehinga kegiatan operasional perusahaan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, perbaikan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memenangkan kompetisi pasar secara global mengingat pada tahun 2020 PT PMT akan mengukur kredibilitasnya dengan standar ISO. Tahapan analisis yang akan dilakukan adalah mengevaluasi POS yang dimiliki sebelumnya, mengevaluasi dokumen yang digunakan perusahaan dalam menjalankan POS Pengajuan Dana Impor, Impor dan Operasional Impor. Sumber data yang diperoleh dari perusahaan berupa: struktur organisasi, job description, dokumen-dokumen terkait proses impor. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan bservasi langsung ke perusahaan, wawancara langsung dengan karyawan dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan perancangan POS pengajuan dana impor, impor, dan operasional impor yang sesuai dengan keadaan perusahaan saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem operasional impor, impor, Prosedur Operasional Standar (POS)
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yosephine Anastasia Oley
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:17
Last Modified: 26 Jan 2021 07:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24538

Actions (login required)

View Item View Item