Laporan kerja praktek PT.Indofood Fritolay Makmur 2 September – 2 Oktober 2019

Timotius, . and Simon, Meta Angeline (2020) Laporan kerja praktek PT.Indofood Fritolay Makmur 2 September – 2 Oktober 2019. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Indofood Fritolay Makmur merupakan anak perusahaan dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk yang bergerak pada bidang produksi makanan ringan (snack food) terkemuka di Indonesia. PT. Indoofood Fritolay Makmur merupakan pioneer di industri makanan ringan di Indonesia yang kini telah melakukan joint venture dengan PepsiCo. Produk yang diproduksi meliputi Chiki, Chitato, JetZ, Cheetos, Lay’s, Qtela, dan Doritos. Terdapat tiga tugas khusus yang dilakukan pada kesempatan kerja praktek ini antaralain market survey, validasi kadar air, dan evaluasi alat instrumen. Market survey memiliki peran yang penting bagi pelaku bisnis sebagai landasan untuk membuat keputusan yang baik. Market survey dapat memberikan data mengenai demografis pelanggan yang dapat digunakan untuk analisa beragam aspek dari penjualan produk. Validasi metode analisa kadar air, merupakan agenda rutin tiap tahunnya yang dilakukan oleh departemen quality control. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga akurasi metode yang digunakan. Sedangkan untuk evaluasi alat instrumen, dilakukan untuk menganalisa kondisi instrumen yang ditunjuk untuk mencari parameter yang dapat diperbaiki untuk menambah akurasi instrumen. Dari hasil yang didapatkan: 1. Market survey pertama didapatkan 7 varian rasa yang selalu ditemui di seluruh minimarket dan terdapat 12 varian rasa yang tidak ditemukan sama sekali. Selain itu, terdapat total 14 cacat kemasan yang meliputi 13 kemasan tidak kembung dan 1 kemasan kadaluarsa. Harga jual produk di indomaret mayoritas berada pada nilai minimal hingga rata-rata, sedangkan harga jual produk maksimal dapat ditemui pada alfamidi. 2. Market survey kedua didapatkan bahwa supermarket memiliki kelengkapan varian rasa hingga 71%, sedangkan minimarket hanya mencapai 40%. Cacat kemasan yang ditemui adalah kemasan tidak kembung dengan 3 temuan didapatkan pada 2 minimarket dan 3 temuan ditemui pada 7 supermarket. Harga jual produk di minimarket cenderung lebih mahal dari nilai jual rata-rata produk di supermarket. Akan tetapi, terdapat 35% harga produk yang lebih rendah dari nilai harga minimum di supermarket dan hanya 15% harga produk yang lebih tinggi dibandingkan harga jual maksimum supermarket. 3. Berdasarkan hasil validasi metode pengukuran kadar air, didapatkan bahwa metode pengukuran tersebut perlu disesuaikan kembali agar memiliki nilai akurasi yang lebih tinggi. 4. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, jarak antar alat moisture analyzer pada departemen Quality control diberikan setidaknya 15 cm untuk meningkatkan akurasi kerja instrumen.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Irawaty, Wenny
NIDN0702027301
wenny_i_s@ukwms.ac.id
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 9361 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:30
Last Modified: 25 Feb 2021 08:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24637

Actions (login required)

View Item View Item