Pengaruh pengungkapan sustainability report dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan investment opportunity set sebagai variabel moderasi

Bernard, Jose (2020) Pengaruh pengungkapan sustainability report dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan investment opportunity set sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (889kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (758kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

Pada beberapa tahun terakhir, beberapa negara di dunia telah menyepakati SDGs (Sustainable Development Goals) yang dideklarasikan oleh PBB dengan tujuan memperbaiki mutu kehidupan menjadi lebih sejahtera, nyaman, dan berkelanjutan. SDGs diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi yang akan datang. Sektor bisnis diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam menyukseskan SDGs. Salah satu hal yang dapat mendorong perusahaan dalam menyukseskan SDGs adalah dengan melakukan pengungkapan sustainability report. Dengan adanya dukungan dari perusahaan dalam menyukseskan pembangunan berkelanjutan, maka dapat memengaruhi peningkatan nilai perusahaan. Selain itu, faktor yang dapat meningkatkan nilai perusahaan adalah struktur modal. Peningkatan tersebut bisa terjadi karena struktur modal berada di titik optimal dengan terjadinya keseimbangan antara keuntungan yang berasal dari penghematan pajak dengan biaya kesulitan keuangan serta biaya agensi. Untuk semakin memperkuat pengaruh pengungkapan sustainability report dan struktur modal terhadap nilai perusahaan, maka penelitian ini menambahkan variabel moderasi yaitu investment opportunity set. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan sustainability report dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan investment opportunity set sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini adalah pengungkapan sustainability report tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, investment opportunity set dapat memoderasi pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan, dan investment opportunity set tidak dapat memoderasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Bernadetta Diana
NIDN0723087001
bernadetta@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sustainability report, struktur modal, nilai perusahaan, investment opportunity set
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Jose Bernard
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:11
Last Modified: 01 Feb 2021 07:11
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item View Item