Persepsi terhadap profesi sales promotion girl (SPG)

Kurniawan, Megawati (2005) Persepsi terhadap profesi sales promotion girl (SPG). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada banyak perusahaan sales promotion juga diintegrasikan dalam strategi total pemasaran. Jenis pekerjaan sebagai SPG banyak diminati gadis-gadis muda yang rata-rata masih duduk di bangku kuliah. Jam kerja yang fleksibel dan penghasilan yang lumayan, membuat SPG menjadi salah satu pekerjaan incaran sekalipun citra negatif masih melekat. Citra negative ini muncul lantaran kebanyakan SPG harus berpenampilan menarik dan terkesan seksi, serta jam kerja yang kadang sampai larut malam. Selain itu juga ada kesan bahwa beberapa SPG dapat dibooking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profesi SPG itu secara luas, untuk mengetahui persepsi SPG baik menurut SPG itu sendiri, agen SPG, perusahaan pengguna jasa SPG, dan konsumen yang pernah dilayani oleh SPG Fokus penelitian ini adalah pada SPG rokok. Penelitian ini melibatkan tiga orang SPG rokok, dua orang pemilik agen SPG, dua orang supervisor perusahaan rokok yang sering menggunakan SPG dalam promosi produk, dan dua orang konsumen yang pemah dilayani oleh SPG rokok. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi dan wawancara maka dapat diketahui bahwa bagi SPG itu sendiri, profesi SPG merupakan profesi yang banyak memberikan manfaat positif seperti pengalaman dan pelajaran untuk melangkah ke arah masa depan yang lebih baik karena selain mendapatkan uang, subyek juga dapat menerapkan keilmuan yang selama ini diperoleh di bangku kuliah. Agen SPG memiliki persepsi positif terhadap profesi SPG sehingga meskipun anggapan negatif mayoritas diberikan kepada SPG namun agen tetap memperlakukan SPG sebagaimana layaknya profesi lainnya. Bagi perusahaan, kehadiran SPG merupakan sebagian dari keseluruhan integrasi proses pemasaran karena promosi merupakan salah satu unsur dari marketing mix. SPG merupakan salah satu promotion tool bagi perusahaan yang dapat digunakan untuk mempengaruhi persepsi konsumen. Bagi konsumen, profesi SPG sama dengan profesi lainnya. Adanya persepsi positif dan negatif sangat tergantung dengan individu masing-masing. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah, hendaknya bagi SPG lebih memperhatikan profesionalitas profesi (menghargai jam kerja, pulang tepat waktu, melayani konsumen dengan baik) sehingga citra negatif yang selama ini melekat pada profesi SPG dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Sementara itu bagi masyarakat hendaknya berpandangan bahwa semua individu adalah sama. Tidak semua SPG adalah perempuan murahan dan tidak semua wanita yang bukan SPG adalah wanita baik-baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Sales Promotion Girl
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2016 06:51
Last Modified: 31 Oct 2016 06:51
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item