Model penetapan harga produk fashion pada dual channel supply chain dengan mempertimbangkan retur

Yogantoro, Vini Agatha (2021) Model penetapan harga produk fashion pada dual channel supply chain dengan mempertimbangkan retur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Dual channel supply chain merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam memasarkan produk oleh suatu perusahaan bukan hanya melalui offline channel, tetapi juga melalui online channel dengan memanfaatkan internet. Terdapat ketidakpastian kualitas yang dialami konsumen dalam pengambilan keputusan untuk pembelian produk pada offline dan online channel. Pada online channel konsumen akan mengalami ketidakpastian kualitas produk karena konsumen tidak dapat melihat secara langsung dan merasakan kualitas suatu produk dan melakukan pengecekan secara langsung barang yang ingin dibeli. Produk fashion merupakan produk yang berasal dari suatu proses produksi, yang memungkinkan ditemukan produk cacat. Retur merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko akibat ketidakpastian kualitas dan dapat menarik konsumen mencoba membeli produk fashion, terutama pada online channel. Selain kualitas, harga merupakan hal yang penting pada DCSC. Oleh sebab itu, penetapan harga produk fashion pada DCSC dengan kebijakan retur penting dilakukan. Dalam penelitian ini akan melihat bagaimana model penetapan harga produk fashion pada DCSC dengan kebijakan retur. Dan melihat pengaruh kebijakan retur terhadap penetapan harga produk fashion di DCSC. Terdapat tiga skenario yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skenario beli putus, skenario tidak beli putus, dan skenario rectifying inspection dan dua skenario dalam menetapkan harga pada produk fashion. Hasil yang diperoleh adalah kebijakan retur yang diberlakukan pada kedua channel akan meningkatkan harga pada kedua channel, sedangkan kebijakan retur yang diberlakukan di online channel saja akan meningkatkan harga pada online channel tetapi harga pada offline channel akan tetap. Hasil yang diperoleh dengan melihat pengaruh tingkat retur pada profit, bahwa pada saat skenario beli putus, profit yang diperoleh akan semakin rendah seiring dengan tingkat retur yang semakin tinggi, pada saat scenario tidak beli putus, profit yang diperoleh akan semakin tinggi seiring dengan tingkat retur yang semakin tinggi, dan pada saat scenario rectifying inspection, profit pada store akan semakin rendah seiring semakin baiknya kualitas lot, berbeda dengan profit manufaktur yang akan semakin turun seiring dengan semakin tingginya kualitas lot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Gunawan, Ivan
NIDN0722098801
ivangunawan@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Mulyana, Ig. Jaka
NIDN0710047001
jmulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dual channel supply chain, produk fashion, retur
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 9412 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:56
Last Modified: 27 Jan 2021 06:56
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24825

Actions (login required)

View Item View Item