Penetapan harga produk usaha kecil dan menengah pada online channel

Yunen, Yehezkiel Prakoso Putra (2021) Penetapan harga produk usaha kecil dan menengah pada online channel. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat dan wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini menyebabkan belanja secara online menjadi alternatif terbaik bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Bagi para pelaku usaha yang belum mempunyai online channel, kondisi ini menjadi momentum mereka membuka online channel. Namun masih banyak pemilik usaha melakukan penetapan harga dengan intuitif. Hal tersebut membuat performansi usaha tidak mencapai titik optimal, sehingga strategi penetapan harga menjadi perhatian khusus. Pemasaran produk dilakukan melalui offline channel dan online channel. Konsep ini disebut juga sebagai Dual Channel Supply Chain (DCSC). Subyek penelitian ini adalah UKM di Kota Surabaya yang dikategorikan ke dalam tiga kelompok produk: craft, fashion, dan snack. Penelitian ini mengusulkan pendekatan dengan model matematis untuk menetapkan harga produk pada online channel secara optimal. Parameter penting yang menjadi perhatian adalah rasio penerimaan pelanggan terhadap online channel pada produk tersebut. Hasil percobaan yang dilakukan didapatkan harga yang optimal online channel untuk produk kain batik sebesar Rp 64.284, produk keripik sebesar Rp 6.852, dan produk sepatu tidak disarankan untuk memasarkan produk pada online channel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyana, Ignatius Jaka
NIDN0710047001
jmulyono@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Gunawan, Ivan
NIDN0722098801
ivangunawan@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dual channel supply chain, strategi penetapan harga, online channel.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Yehezkiel Prakoso Putra Yunen
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:01
Last Modified: 27 Jan 2021 07:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24847

Actions (login required)

View Item View Item