Kerja praktek mesin punch termodifikasi menggunakan sensor area BW20-08 untuk mengurangi kecelakaan kerja di PT. Dwi Gading Wijaya Mandiri

Khusaini, Ahmad Hasan (2019) Kerja praktek mesin punch termodifikasi menggunakan sensor area BW20-08 untuk mengurangi kecelakaan kerja di PT. Dwi Gading Wijaya Mandiri. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (895kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Mesin punch adalah mesin yang digunakan untuk melakukan pemotongan atau melubangi besi atau plat secara masal dengan bentuk yang sama, dan dikerjakan secara terus-menerus. Mesin punch yang masih bersifat mekanik atau manual akan sering menimbulkan kecelakaan kerja, karena pencegahan kecelakaan kerja hanya sebatas pada prosedur operasional mesin saja. Sensor area BW20-08 yang bertipe NPN ditambahkan untuk mendeteksi adanya suatu benda sebelum menginjak kopling. Sensor ini mempunyai fitur sensing dengan jarak hingga 7 meter. Dengan ditambahkan sensor ini dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja. PT. Dwi Gading Wijaya Mandiri berlokasi di jalan Kalianak 75B, sedangkan lokasi bengkel maintenance terletak di pergudangan margomulyo permai blok k17. PT. Dwi Gading Wijaya Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri manufaktur dengan memproduksi mesin pengaduk beton atau mesin molen, baling-baling kapal, mesin perontok padi, jagung, dan kedelai. Selama melakukan kegiatan kerja praktek di perusahaan ini, didapatkan pengembangan ilmu baru untuk melakukan perbaikan pada mesin trouble, perawatan mesin industri, dan membuat mesin industri untuk mempercepat proses produksi. Dengan mendapatkan itu semua, tujuan saya kerja praktek di PT. Dwi Gading Wijaya Mandiri dapat tercapai.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Elektro
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Gunadhi, Albert
NIDN0704066901
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mesin punch, sensor area BW20-08
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Ahmad Hasan Khusaini
Date Deposited: 19 Feb 2021 00:41
Last Modified: 19 Feb 2021 00:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24891

Actions (login required)

View Item View Item