Pengaruh beban pajak, exchange rate dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan sektor tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019

Santoso, Jessie (2021) Pengaruh beban pajak, exchange rate dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan sektor tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Transfer pricing dapat terjadi dikarenakan adanya transaksi afiliasi dengan pihak berelasi yang memiliki hubungan istimewa. Transaksi dapat dilakukan dengan, perjanjian terhadap suatu transaksi penjualan yang dimana adanya penetapan suatu harga, adanya penetapan harga terhadap pembelian barang dengan pemasok, adanya penetapan harga dalam bentuk royalti. Transaksi yang dilakukan dengan pihak afiliasi dapat menimbulkan konflik keagenan yang terjadi antara manajemen dan pemegang saham, dan antara pemegang saham pengendali dengan pemegang saham non-pengedali. Konflik dapat terjadi dikarenakan adanya perbedaan kepentingan antara masing-masing pihak. Perusahaan mengambil keputusan transfer pricing dimotivasi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan melalui peminimalan beban pajak, keuntungan dari selisih kurs (exchange rate), dan meningkatkan keuntungan pemegang saham pengendali melalui tunneling incentive. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh beban pajak, exchange rate dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing. Populasi dalam penelitian ini yakni perusahaan sector tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan sektor tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel 69 perusahaan. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis regresi logistic. Hasil dari analisis regresi logistik dengan SPSS 23 menunjukkan bahwa variabel beban pajak, exchange rate tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing dan tunneling incentive berpengruh negatif terhadap keputusan transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahardjo, Hartono
NIDN8885560018
hartono-r@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Beban pajak, exchange rate, tunneling incentive, keputusan transfer pricing
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Jessie Santoso
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:13
Last Modified: 03 Feb 2021 03:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24898

Actions (login required)

View Item View Item