Analisis faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa pada masa pembelajaran daring (Studi kasus di Jurusan Teknik Industri UKWMS)

Noivano, Vincent (2021) Analisis faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa pada masa pembelajaran daring (Studi kasus di Jurusan Teknik Industri UKWMS). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar adalah suatu rasa keinginan seseorang untuk mempelajari sesuatu mulai dari ilmu yang didapatkan dari materi sekolah sampai mempelajari ilmu yang ada disekitar. Penelitian ini merupakan studi kasus dari pelaksanaan kuliah daring di Universitas Widya Mandala Surabaya (UKWMS) selama masa pandemi covid-19. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Industri angktatan tahun 2017-2019. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui Whatsapp Group (WAG) dalam bentuk link Google Form. Analisis data menggunakan teknik analisis faktor dan crosstab, sedangkan uji validasi & reliabilitas menggunakan Bivariate Pearson dan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa selama masa pandemi yaitu dorongan belajar, efektivitas belajar dan distraksi. Ketiga faktor ini memiliki total variansi terhadap minat belajar sebesar 63,559%. Pengaruh yang paling dominan memengaruhi minat belajar mahasiswa selama perkuliahan secara daring adalah pengaruh dorongan belajar (34,396%), pengaruh dominan kedua adalah perhatian saat belajar (16,692%) dan pengaruh dominan ketiga adalah sarana belajar (12,470%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyono, Julius
NIDN0727047204
juliusnyamulyono@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Sianto, Martinus Edi
NIDN0710047201
martinus.sianto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, pandemi dan kuliah daring
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 9420 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:14
Last Modified: 27 Jan 2021 07:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item