Laporan studi literatur implementasi pendekatan lean pada industri jasa

Juanda, Tobias Hansel (2021) Laporan studi literatur implementasi pendekatan lean pada industri jasa. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (753kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Lean merupakan sebuah filosofi/konsep yang digunakan untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan (continuous improvement) dan meningkatkan operasional suatu perusahaan/organisasi dengan melakukan identifikasi hingga eliminasi pada pemborosan (waste) dan seluruh aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah (non-value added) . Makalah ini bertujuan untuk mengetahui implementasi filosofi Lean pada industri jasa dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan dalam melakukan implementasi Lean pada sektor industri jasa. Pendekatan yang digunakan pada studi literatur adalah melakukan studi terhadap publikasi artikel ilmiah mengenai implementasi Lean pada sektor industri jasa, serta melakukan analisis isi terhadap artikel ilmiah yang dipilih. Hasil yang didapatkan pada makalah ini menunjukkan bahwa pendekatan Lean dapat digunakan pada industri jasa untuk melakukan perbaikan dan memberikan hasil yang positif terhadap perbaikan proses layanan pada suatu organisasi/perusahaan. Selain itu, hasil dari makalah ini juga menunjukkan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi Lean pada industri jasa, yaitu adanya visi dan komitmen yang dimiliki oleh pimpinan organisasi/perusahaan, adanya dukungan dari budaya organisasi, dll. Makalah ini diharapkan dapat menjadi daya tarik pada industri untuk meningkatkan proses layanan pada industri jasa, selain itu ini juga diharapkan menjadi bahan pertimbangan atau kajian bagi perusahaan jasa yang ingin menerapkan Lean.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyana, Ignatius Jaka
NIDN0710047001
jmulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lean, lean service, quality assurance
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 9393 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:02
Last Modified: 28 Jan 2021 04:02
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/24920

Actions (login required)

View Item View Item