Pengaruh responsiveness dan innovativeness terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction dalam pembelian gadget dan elektronik secara online di Tokopedia

Natasha, Janice (2020) Pengaruh responsiveness dan innovativeness terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction dalam pembelian gadget dan elektronik secara online di Tokopedia. Masters thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Banyaknya toko ritel online saat ini semakin mempermudah konsumen untuk melakukan proses pembelian dalam memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa. Melalui perkembangan teknologi mendukung adanya tingkat pembelian akan kebutuhan barang gadget dan elektronik. Tokopedia sebagai toko ritel online menjadi tempat tujuan utama bagi para pembeli online karena Tokopedia menyediakan beragam pilihan barang dan merk yang berkualitas. Kepuasan dan loyalitas merupakan obyek terpenting pada area bisnis khususnya pada bisnis online karena kepuasaan pelanggan bergantung pada pengalaman konsumen saat melakukan pembelian berbeda dengan pembelian lain yang dilakukan secara offline dimana penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung. Loyalitas pelanggan adalah fokus utama dalam penelitian ini karena reaksi pelanggan pada layanan e-commerce dan bentuk loyalitas pelanggan yang sangat beragam dan unik membuat sebagian besar dari pelanggan memiliki lebih dari satu aplikasi toko online di dalam gadget mereka. Hal tersebut membuat persaingan antara toko ritel online tidak memiliki jarak. Pendeknya jarak persaingan membuat loyaltias pelanggan menjadi hal yang penting. Penelitian mengenai Pengaruh responsiveness dan innovativeness, terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction pada pembelian gadget dan elektronik secara online di Tokopedia ini dilakukan untuk melihat bentuk loyalitas pelanggan yang melakukan pembelian secara online melihat banyaknya pesaing ritel online saat ini maka menjadi sulit bagi tokopedia dalam mempertahankan loyalitas pelanggan mengingat bentuk loyalitas konsumen yang unik dan secara cepat berubah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, diperoleh dari tanggapan responden atas kuesioner yang disebarkan pada 100 masyarakat kota Surabaya yang sering melakukan pembelian gadget dan elekrtonik di Tokopedia. Teknik yang digunakan adalah analisis SEM dengan bantuan program Lisrel. Hasil analisis ini menunjukan bahwa responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction, e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty, responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction, innovativeness berpengaruh signifikan terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: S2 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Tulipa, Diyah
NIDN0726077203
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Responsiveness, innovativeness, e-satisfaction, e-loyalty
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 9523 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2021 00:39
Last Modified: 01 Feb 2021 00:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25009

Actions (login required)

View Item View Item