Pengembangan buku ajar fisika model pembelajaran inkuiri terbimbing pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 7 Surabaya

Santu, Rivanus (2020) Pengembangan buku ajar fisika model pembelajaran inkuiri terbimbing pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Ajar berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan peserta didik SMAN 7 Surabaya kelas X IPA dengan materi usaha dan energi dan dapat mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik SMAN 7 Surabaya kelas X menggunakan Buku Ajar berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation and Evaluations). Subyek penelitian ini peserta didik X IPA 5 SMAN 7 Surabaya dengan jumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian terdiri atas keterlaksanaan RPP, BA, RE dan angket respon peserta didik. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,43 dengan kategori “sangat baik”, BA memperoleh skor 3,42 dengang kategori “sangat baik” dan RE memperoleh skor 3,39 dengan kategori “baik”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,56 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain score 0,78 dengan kategori “Tinggi”. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Buku Ajar pokok bahasan usaha dan energi dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAN 7 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koswojo, Jane
NIDN0724079104
janekoswojo@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Buku ajar, inkuiri terbimbing, usaha dan energi, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 9628 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:37
Last Modified: 02 Feb 2021 07:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25028

Actions (login required)

View Item View Item