Laporan studi literatur permasalahan implementasi pengukuran kinerja menggunakan BSC di tiga sektor yang berbeda

Dompas, Steven Kurniawan (2021) Laporan studi literatur permasalahan implementasi pengukuran kinerja menggunakan BSC di tiga sektor yang berbeda. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja (performance measurement) adalah hal yang sangat penting bagi suatu organisasi, karena pengukuran kinerja tersebut berguna untuk melakukan evaluasi terhadap performa dan perencanaan strategi bagi organisasi untuk mencapai tujuan di masa yang akan datang. Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja adalah dengan menggunakan balance scorecard, tujuan utama dari penggunaan balance scorecard adalah untuk membuat perubahan yang diperlukan pada teknik evaluasi kinerja tradisional, yang berfokus pada bagian keuangan untuk menghitung evaluasi organisasi yang lebih lengkap dan efektif. Oleh karena itu, studi literatur ini membahas penggunaan balance scorecard di tiga bidang yang berbeda, yaitu di universitas, bank dan rumah sakit. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan studi literatur ini adalah content analysis yang digunakan membandingkan permasalahan yang ada berdasarkan studi yang pernah dilakukan di beberapa jurnal internasional yang telah dipilih oleh penulis. Dari hasil perbandingan yang telah dilakukan, menunjukkan permasalahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengimplementasian balance scorecard, seperti di rumah sakit menggunakan balance scorecard sebagai alat untuk mengukur kinerja karena dianggap berguna untuk meningkatkan kualitas dan universitas di Inggris menggunakan balance scorecard karena dianggap berguna untuk meningkatkan manajemen dan standar kualitas. Namun ada juga yang tidak bisa mengimplementasikan balance scorecard dan menolak pengimplementasian balance scorecard sebagai alat pengukuran kinerja yang dikarenakan oleh beberapa faktor.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Santosa, Hadi
NIDN0727105901
hadi-s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Performance measurement, balance scorecard
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Steven Kurniawan
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:39
Last Modified: 03 Feb 2021 04:39
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/25064

Actions (login required)

View Item View Item