Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses.

Hadisoewignyo, Lannie, Setiawan, Henry Kurnia, Kusuma, Aprilia Ayu Indra, Griselda, Gracia, Mualim, Albert Panji Utomo, Triantoro, Stevanus B. B. and Naur, Carolina M.S. (2016) Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses. In: Prosiding Rakernas dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Iktan Apoteker Indonesia 2016, 27-29 Sept. 2016, Yogyakarta, Yogyakarta, ISBN: 978-979-18458-6-1, ISSN: 2528-147X.

[thumbnail of Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses.]
Preview
Text (Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses.)
29p-Formulasi_orally_disintegrating_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses._peer_review_] Text (Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses._peer_review_)
36p-R1&2-Formulasi_orally_disintegrating_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses.]
Preview
Text (Formulasi Orally Disintegrating Tablet dengan Teknik Likuisolid dan Bahan Ko-Proses.)
29p-Formulasi_orally_disintegrating_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pembuatan tablet dengan teknik likuisolid dapat meningkatkan kelarutan bahan obat yang sukar larut dalam air sedangkan pembuatan tablet dalam bentuk orally disintegrating tablet (ODT) dapat meningkatkan bioavailabilitas karena adanya absorpsi pregastrik. Dimenhidrinat, merupakan bahan aktif yang sukar larut dan pada pemberian per oral mengalami first past metabolism dengan bioavaibilitas yang rendah, sehingga sesuai untuk dibuat ODT dengan teknik likuisolid. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah formulasi ODT dimenhidrinat dengan teknik likuisolid dan bahan ko-proses dapat menghasilkan mutu fisik tablet yang sesuai dengan persyaratan, mengetahui stabilitas mutu fisik ODT dimenhidrinat dengan teknik likuisolid selama penyimpanan 1 bulan, dan mengetahui profil pelepasan in vitro ODT dimenhidrinat dengan teknik likuisolid. Metode: Bahan ko-proses yang digunakan adalah amilum kulit pisang sebagai pengikat, crospovidone, sodium starch glycolate atau Ac-Di-Sol sebagai penghancur, dan laktosa monohidrat atau flocel-101 atau kombinasi keduanya sebagai pengisi. Pelarut non volatile yang digunakan untuk teknik likuisolid adalah propilenglikol. Pengamatan dilakukan terhadap mutu fisik granul, mutu fisik tablet, dan pelepasan obat. Hasil penelitian: Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa semua formulasi ODT dimenhidrinat dengan teknik likuisolid menggunakan bahan ko-proses menghasilkan tablet dengan mutu fisik yang sesuai dengan persyaratan, tetapi mengalami penurunan stabilitas mutu fisik pada formula yang menggunakan pengisi kombinasi laktosa monohidrat dan flocel-101 selama penyimpanan 1 bulan. Formula yang menggunakan Ac-Di-Sol dan pengisi tunggal flocel-101 (FL 5) memiliki pelepasan obat secara in vitro terbesar (82,954%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ODT, dimenhidrinat, bahan ko-proses, likuisolid, amilum kulit pisang
Subjects: Pharmacy
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:44
Last Modified: 07 Feb 2022 08:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item