Pengaruh karakteristik audit committee terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi

Chan, Kevin (2020) Pengaruh karakteristik audit committee terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia wajib melaporkan serta menyusun laporan keuangan agar mampu mengetahui keadaan perusahaan pada setiap akhir periode akuntansi sebagai informasi kondisi perusahaan kepada investor. Eksistensi audit committe terkait dengan tata kelola dapat dijadikan alat ukur bagi perusahaan dalam pelaksanaan tata kelola yang baik agar peran audit committe secara maksimal menghasilkan Good Corporate Governance. Audit Report Lag merupakan salah satu faktor penting dikarenakan pengaruhnya terhadap timeliness. Audit report lag menandakan jarak waktu yang diperlukan auditor untuk menyelesaikan hasil auditnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik audit committe terhadap audit report lag. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur pada sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 104 sampel yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan mengumpulkan data laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel expertise audit committe berpengaruh negatif terhadap audit report lag. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin banyak anggota komite audit memiliki keahlian di bidang akuntansi, maka semakin cepat perusahaan tersebut dalam menyelesaikan proses auditnya. Sedangkan independency audit committe, meet frequency audit committe, dan gender audit committe tidak berpengaruh terhadap audit report lag.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Tedjasuksmana, Budianto
NIDN0716036101
Budianto@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Sofian, Sofian
NIDN0714098905
Sofian@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Audit report lag, independency audit committe, expertise audit committe,meet frequency audit committe, gender audit committe
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Kevin Chan
Date Deposited: 03 Feb 2021 00:42
Last Modified: 03 Feb 2021 00:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25102

Actions (login required)

View Item View Item